Selasa, 23 April 2024

Perkuat Signal di Natuna

Berita Terkait

Kadis Kominfo Natuna Raja Darmika, (kanan) ikut mendampingi tim teknis Telkomsel saat memasang perangkat long haul di BTS di Ranai. F. Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Kepala Dinas Kominfo Pemkab Natuna Raja Darmika mengatakan, mulai saat ini PT Telkom bersama Telkomsel sudah melakukan penguatan signal di Natuna. Dengan mengganti jaringan radio Long Haul dari penggunaan satelit Vsat.

“Uji coba menggunakan radio Long Haul sudah dilaksanakan sejak tadi malam. Semua BTS 3G dikoneksikan, kecuali BTS 2G. Penggunaan jaringan Long Haul ini menggantikan vsat, dalam satu bulan ini terus dilakukan optimalisasi,” kata Darmika, Jumat (20/10).

Dikatakan Darmika, terdapat beberapa lokasi BTS yang dikoneksikan menggunakan perangkat radio IP Longhaul, karena BTS di Natuna masih 2G. Diantaranya BTS Desa Tanjung, Desa Sepempang, Desa Gunung Putri, Sedanau, Pulau Tiga dan seluruh BTS di wilayah Ranai.

“Totalnya ada 22 BTS 3G dan 3 BTS 4G yang terkoneksi perangkat radio IP Longhoul. Kapasitas bandwith untuk telkomsel sekitar 1,27 Giga byte,” kata Darmika.

Dikatakan Darmika, pemasangan dan uji coba masih terus dilakukan oleh telkomsel. Jaringan Long Haul yang terkoneksi jaringan Long Haul di Sambas. Dan pemasangan sudah dilakukan Rabu lalu, seperti di BTS di Pulau Tiga, Bukit Arai dan wilayah Ranai untuk dirampungkan.

“Menurut pihak Telkomsel, akan ada penambahan jalur bandwidth secara signifikan menjadi kapasitas 2.000 Mega Byte setelah peralihan pemakaian jaringan long haul ini. Termasuk kapasitas layanan telkom Ranai. Mudah-mudahan layanan telekomunikasi di Natuna semakin lancar,” ujarnya.(arn)

Update