Jumat, 29 Maret 2024

Presiden @jokowi nge-Vlog, Pamer Keindahan Mandalika

Berita Terkait

Melalui vlog (video blogging) berdurasi 1 menit dan 21 detik, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya tentang Mandalika yang kini sudah berstatus kawasan ekonomi khusus (KEK).

Presiden mengunggah vlog itu Instagram, Sabtu (21/10).

Dalam unggahan di Instagram, Presiden Jokowi menyertai vlog tentang Mandalika dengan sederet kalimat pujian.

“Biru laut, pasir putih dan langit jernih. Indahnya Mandalika Lombok Tengah,” tulisnya.

Menurut Presiden Jokowi, jika KEK Mandalika beroperasi, maka akan menyerap puluhan ribu tenaga kerja. Dengan status KEK, tuturnya, maka Mandalika akan menyerap investasi besar.

“Di sini akan kita bangun Kawasan Ekonomi Khusus setelah 29 tahun direncanakan. Kalau sudah beroperasi kawasan ini bisa mempekerjakan karyawan kurang lebih 58.000 orang. Investasi yang masuk lebih dari Rp 13 triliun. Kita harapkan kawasan ini akan berkembang pesat dan masyarakat mendapatkan manfaatnya,” lanjutnya.

Dalam vlog itu, Presiden Jokowi berada di Mandalika bersama Gubernur NTB M Zainul Majdi. Presiden sebelumnya KEK Mandalika, Jumat (20/10).

“Saya sangat senang sekali, ini adalah kawasan yang sudah 29 tahun belum selesai-selesai dan hari ini (20/10) telah selesai, telah kita buka, investasi sudah masuk,” ujar Jokowi.

Mantan gubernur DKI itu sangat berharap agar masyarakat NTB bisa memperoleh manfaat dari keberadaan KEK Mandalika. “Kita harapkan ini membawa dampak yang baik kepada masyarakat NTB,” ucapnya.
Gubernur NTB Zainul Majdi sempat mengajukan pertanyaan ke Presiden Jokowi. “Indah sekali, Pak Presiden, ya?” ujar gubernur yang juga beken dengan sebutan Tuan Guru Bajang itu.

Jokowi pun langsung menimpali pertanyaan Gubenur Zainul dengan jawaban klir. “Sangat indah sekali,” tutur pria asal Solo itu.

Jokowi juga bertanya ke Gubernur Zainul tentang harapannya atas KEK Mandalika. Gubernur pemilik nama Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani itu pun langsung merespons pertanyaan Presiden Jokowi.

“Selamat datang. Mandalika sudah siap menyambut anda. Terima kasih, Pak Presiden,” ujar Gubernur Zainul yang dalam vlog itu terlihat berpeci.

Vlog Presiden Jokowi tentang Mandalika memperlihatkan keindahan pantai yang berada di Kabupaten Lombok Tengah itu. Ada pantai biru dengan hamparan pasir putih.

Sejumlah surfer juga terlihat menaiki papan selancar di atas gulungan ombak. Sebagian gambar dalam video itu berasal dari koleksi Biro Peres Kepresidenan dan Kementerian Pariwisata.

“Saya berharap seperti yang disampaikan Pak Gubernur, rakyat bisa menikmati adanya investasi yang masuk dan dampak kesejahteraan itu akan kelihatan,” ujar Jokowi.

Dalam closing vlog itu tercantum kutipan Presiden Jokowi tentang berbagai destinasi wisata di Indonesia yang sangat indah namun belum diketahui masyarakat banyak. “Indonesia tidak hanya memiliki Bali, namun juga Mandalika di Lombok salah satunya,” tulis Presiden Jokowi dalam bagian akhir vlog itu.

Menpar Arief Yahya merasakan, postingan Presiden Jokowi dan Gubernur NTB Zainul itu sebagai “rezeki nomplok.” Mandalika Lombok memperoleh endorser gratis! “Presiden adalah endorser nomor wahid dan terpercaya. Vlog itu diposting di Medsos lagi? Semakin viral,” kata Arief Yahya. (*)

Update