Jumat, 19 April 2024

Babinkamtibmas Bantu Warga Tak Mampu

Berita Terkait

Babinkamtibmas Polsek Meral menyerahkan bantuan makanan pokok dan pakaian layak pakai. F. Sandi/Batam Pos.

batampos.co.id – Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) tidak hanya bertugas melakukan pengawasan di lingkungan suatu kelurahan untuk menciptakan situasi dan kondisi tetap aman dan melakukan deteksi dini.

”Misalnya kenal dengan warga yang menjadi tempat tugasnya. Sebagai contoh, Babinkamtibmas dari Polsek Meral, punya inisitif sendiri memberikan bantuan kepada keluarga yang tidak mampu,” ujar Kapolsek Meral, AKP Syaiful Badawi kepada Batam Pos, Sabtu (21/10).

Seperti Babinkamtibmas di Paya Manggis, Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral pada Jumat (20/10) sore memberikan bantuan pakaian layak pakai dan kebutuhan pokok untuk empat keluarga kurang mampu. Kemudian, Babinkamtibmas yang bertugas di Paya Lebar, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat juga memberikan bantuan yang sama untuk enam keluarga.

”Pemberian bantuan ini murni karena kepedulian kita. Karena, pada saat Babinkamtibmas yang melaksanakn tugas patroli rutin melihat kondisi keluarga yang mendapatkan bantuan memang merupakan kurang mampu. Ditambah lagi adanya informasi dari masyarakat bahwa warga yang mendapatkan bantuan memang keluarga yang kurang mampu. Untuk itu, bantuan yang kita berikan ini termasuk dalam pelayanan polisi kepada masyarkat,” paparnya.

Dikatakan Syaiful, pemberian pakaian layak pakai dan kebutuhan pokok keluarga kurang mampu merupakan sistem yang baru dibuat Polsek Meral. Yakni, door to doo system (DDS) yang datang langsung ke rumah masyarakat. Untuk pertama kali mungkin dalam bentuk memberikan bantuan sosial. Tapi, sebenarnya sistem ini dibuat untuk Babinkamtibas selalu ada ketika masyarakat membutuhkannya. (san)

Update