Sabtu, 20 April 2024

RPJMD Diklaim Tembus 83 Persen

Berita Terkait

 Surjadi. F:Yusnadi/Batam Pos.

batampos.co.id – Realisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJDM) Tanjungpinang 2013-2018 diklaim telah mencapai 83 persen. Capaian ini secara tidak langsung telah berhasil melampaui target yang dicanangkan pasangan kepala daerah Lis Darmansyah dan Syahrul sejak awal menjabat dahulu, yang hanya mematok dapat memenuhi target penuntasan RPJMD sekitar 75 persen saja.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah Tanjungpinang, Surjadi yakin jika menaksir waktu yang tersisa pada triwulan akhir tahun ini, persentase capaian target penuntasan RPJMD bisa meningkat.

“Bisa saja bahkan sampai 87 persen. Karena masih ada beberapa kegiatan di setiap OPD yang belum dimasukkan dalam audit kegiatan,”ujar Surjadi, kemarin.

Surjadi menegaskan, penghitungan capaian RPJMD ini sudah dilakukan dengan hitungan yang benar. Sebab, dalam melaksanakannya, pihaknya menggandeng Universitas Diponegoro (Undip) untuk melakukan penghitungan persentase RPJMD yang juga telah diatur dalam Perda RPJMD.

“Jadi kami bekerja sama dengan Undip. Jadi secara global semua kegiatan yang masuk dalam RPJMD tidak ada yang tidak terlaksana. Dan setelah diakumulasikan memang capaian selama lima tahun ini 83 persen,” tegasnya.

Surjadi mengatakan, capaian tersebut merupakan bentuk akumulasi dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masing-masing sektor yang masuk dalam program RPJMD.

“Jadi ada sektor yang mungkin capaiaannya baru sedikit, dan ada sektor prioritas yang capaiaannya tinggi. Itu nanti diakumulasikan dengan rumus yang telah ditentukan. Penghitungan itu pakai rumus, dan akhirnya didapatkan jumlah globalnya yaitu 83 persen,” pungkas Surjadi. (aya)

Update