Jumat, 29 Maret 2024

Tuntaskan Persoalan Wagub Kepri

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak mengklaim surat permintaan pengganti Agus Wibowo (AW) sebagai Calon Wakil Gubernur Kepri sudah dilayangkan ke Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, Jumat (20/10) lalu. Jumaga mengharapkan Gubernur Kepri segera bertindak untuk menuntaskan persoalan Wagub Kepri.

“Sudah kita kirim kepada Gubernur. Jadi kami berharap Gubernur segera bertindak sesuai dengan kewenangannya,” ujar Jumaga menjawab pertanyaan Batam Pos, Minggu (22/10).

Politisi PDI Perjuangan tersebut juga mengharapkan dukungan partai politik pengusung Sani-Nurdin (Sanur) untuk membantu percepatan proses pemilihan Wagub Kepri. Apalagi banyak pihak yang mendesak, supaya kekosongan Wagub Kepri segera terisi.

“Prosesnya tentu lebih cepat lebih baik. Jika sudah ada kandidat pengganti yang melengkapi syarat, tentu akan disegerakan pemilihan sesuai dengan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib (Tatib) Pemilihan Wagub Kepri,” tegas Jumaga.

Sementara itu, Ketua Panitia Khusus (Pansus) Wagub Kepri, Surya Makmur Nasution mengaku belum mendapatkan laporan, apakah surat tersebut sudah dikirim ke Gubernur atau belum. Menurutnya, surat hasil verifikasi Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub Kepri memang sudah diteruskan ke pimpinan DPRD Kepri.

“Kemarin saya bilang, paling cepat Jumat (20/10) atau paling lambatnya adalah awal pekan depan (hari ini,red),” ujar Surya Makmur.

Politisi Partai Demokrat tersebut menjelaskan, berhubung adanya batas waktu, diharapkan Gubernur bersama Partai pengusung segera mencari pengganti AW. Apalagi Gubernur juga merupakan Ketua salah satu partai pengusung Sani-Nurdin.

“Surat yang kita buat juga ditembuskan ke Partai pengusung dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Karena Kemendagri tetap menginginkan dua Cawagub untuk dipilih,” papar Anggota Komisi III DPRD Kepri tersebut.

Sebelumnya, Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji, Tanjungpinang, Endri Sanopa mengatakan, melihat dinamika pemilihan Wagub Kepri sekarang ini , tuntas atau tidaknya adalah tergantung kepada Gubernur. Menurutnya, jika memang Gubernur menginginkan seorang Wagub, dirinya akan berupaya mendiskusikan hal ini dengan partai pengusung Sanur.

“Meskipun belum menerima surat, harusnya Gubernur sudah merespon. Yakni komunikasi dengan partai pengusung. Sehingga ketika surat diterima, sudah ada solusi yang didapat. Apalagi Gubernur adalah usernya. Tentu dia juga tidak ingin sembarangan orang untuk di pilih,” ujar Endri Sanopaka.(jpg)

Update