Jumat, 29 Maret 2024

BPN Gesa Penerbitan Sertifikat KSB

Berita Terkait

ilustrasi4

batampos.co.id – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batam terus menggesa pengerjaan 15 ribu sertifikat tanah bagi warga yang tinggal di Kavling Siap Bangun (KSB). Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) ini ditargetkan bisa selesai November mendatang.

Kepala Kantor BPN Batam, Asnaedi mengatakan Prona tahun ini diselenggarakan di tiga kelurahan yakni Sungai Langkap, Sungai Lekop, dan Sungai Pelungut dengan total mencapai 15 ribu sertifikat.

“Untuk menyukseskan penyelesaian sertifikat ini, pihaknya juga telah membentuk tim dan kantor cabang yang berlokasi di Sagulung,” kata dia, Senin (23/10).

Dia mengungkapkan hingga saat ini proses berkas Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sudah masuk mencapai 40 persen atau 4.667 berkas. Dari jumlah tersebut pihaknya sudah berhasil menyelesaikan sedikitnya3.862 sertifikat.

“Sudah 33 persen yang selesai,” sebutnya.

Dia menyebutkan proses penerbitan sertifikat sedikit terkendala karena sistem pelunasan Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO) di BP Batam. “Hingga saat ini kami terus berkomunikasi dengan mereka agar membantu percepatan proses pembayaran UWTO pemilik kavling, agar penerbitan sertifikat bisa berjalan dengan cepat dan bisa tercapai target,” bebernya.

PTSL ini merupakan salah satu bentuk percepatan yang digagas oleh Predisen Joko Widodo, tujuannya agar seluruh warga yang memiliki tanah bisa melengkapi kepemilikan dengan sertifikat tanah. Dia berharap di sisa waktu yang ada ini, tim PTSL bisa menyelesaikan tugasnya.

“Rencananya sertifikat akan diserahkan serentak November mendatang, kita sangat berharap bisa menyelesaikan target yang telah diberikan,” tutupnya.(cr17)

 

 

Update