Jumat, 29 Maret 2024

Proyek Tak Terlaksana, OPD Harus Punya Alasan Tepat

Berita Terkait

M Rudi, Walikota Batam
foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Wali Kota Batam Muhammad Rudi, mengatakan, tak persoalkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait proyek fisik yang tak selesai November mendatang jika memiliki alasan yang tepat.

“Kalau tak selesai, alasan tepat, selesai masalah dong. Kecuali dia tak kerja, itu tak betul,” kata Rudi, kemarin.

Ada beberapa kendala di lapangan yang kerap tak memuluskan pekerjaan proyek. Salah satunya lahan, namun ia meyakini era baru Badan Pengusahaan (BP) Batam persoalan ini tak akan ada, karena pihaknya berencana akan bicarakan lebih awal.

“Mudah-mudahan legalitas lahan bisa kita duduk kan diawal, bukan sambil berjalan. Hari ini sambil jalan ini, kita surati awal tak ada jawaban, kalau menunggu lama, terpaksa sambil jalan,”imbuhnya.

Menurutnya, jika lahan sudah jelas, penganggaran pun akan mudah. Dengan demikian, proyek akan berjalan tanpa kendala. Satu sisi perencanaan Pemko Batam juga lebih matang. “Apalagi (pimpinan) BP (Batam) baru, bagus ini kita bicarakan awal,” ucapnya.

Namun demikian, jika pengerjaan proyek yang telah ditentukan waktunya dan pelaksana proyek tak mampu lakukan. Pihaknya akan menandai perusahaan terkait.

“Kami akan di black list, ini sudah ketentuan berlaku seluruh Indonesia,” pungkasnya. (cr13)

Update