Selasa, 23 April 2024

SPAM Kawal Jadi Percontohan SPAM di Kepri

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Satuan Kerja (Satker) Cipta Karya sebagai pengembang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Provinsi Kepri, memberikan kepercayaan terhadap pengelolah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, untuk memberikan pengarahan di kabupaten/kota se-Kepri, tentang bagaimana keberhasilannya dalam mengembangkan tata kelola air bersih yang sudah dinikmatiwarga Kecamatan Kelurahan Kawal.

Pengelola SPAM Kawal, Rahmad mengatakan pihaknya telah diutus oleh provinsi Kepri untuk memberikan penyuluhan tentang keberadaan SPAM Kawal yang hingga saat ini masih berjalan. Bahkan SPAM Kawal masuk kategori SPAM terbaik di Provinsi Kepri.

“Disini kami diminta untuk membantu atau berbagi pengalaman terhadap SPAM desa yang ada di Kabupaten/kota di Kepri, guna memberi motifasi kepada SpamDes yang telah mendapatkan bantuan fisik dari pusat yang sudah mati suri, alias tak beroperasi lagi,” jelasnya.

Ia menuturkan, beberapa waktu lalu pihaknya juga sudah mengunjungi SPAM yang berada di Tanjung Balai karimun. Selanjutnya, juga akan bertolak ke Natuna dan Anambas.

“Kemarin kita sudah ke Karimun. Nah, besok (hari ini, red) kami akan berangkat ke Natuna, memberikan cara dan teknik pengelolaan SPAM yang baik. Kemudian kami melanjutkan lagi ke Anambas,” Tambahnya.

Sebagai Spam Kelurahan Kawal terbaik di tingkat Provinsi Kepri, lanjutnya untuk menghidupkan kembali SPAM yang telah mangkrak di berbagai Kabupaten Kota adalah hal yang harus dirinya lakukan. Pasalnya membantu dan berbagi pengalaman kepada pengelola Spam yang lain merupakan tanggung hawab bersama dalam mensejahterakan masyarakat.

“Kami akan berbagi pengalaman itu, supaya pengelola Spam yang lain dapat mengikuti cara ini. Yang pastinya kita harapkan Semua Spam di Kabupaten Kota dapat beroperasikembali,” imbuhnya.(cr20)

Update