Kamis, 25 April 2024

Besok, Pawai Budaya dan Mobil Hias

Berita Terkait

batampos.co.id – Melengkapi rangkaian hari ulang tahun ke-16 kota Otonom Tanjungpinang, Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar pawai budaya dan mobil hias, Kamis (26/10).

“Agenda ini untuk memeriahkan HUT Kota Otonom Tanjungpinang,” ucap Sekda Tanjungpinang, Riono, usai rapat persiapan pawai budaya dan mobil hias, Senin (23/10) malam kemarin.

Peserta pawai budaya dan mobil hias ini, sambung dia, merupakan bagian dari OPD Tanjungpinang, camat, lurah, sekolah, perbankan, instansi vertikal dan juga masyarakat. Masing-masing peserta pawai ini akan menampilkan ciri khasnya masing-masing.

Agenda yang kerap dilangsungkan setiap tahun sekali ini, merupakan agenda yang selalu ditunggu masyarakat Tanjungpinang. Dikarenakan keunikan dari dekorasi dan penampilan masing-masing peserta pawai budaya.

Pada tahun ini pawai budaya dan mobil hias akan melintasi sejumlah ruas jalan utama Tanjungpinang.

Pawai mobil hias dimulai pada pukul 07.00 WIB akan melalui dari Terminal Sungai Carang Bintan Center, menuju pintu gerbang I Bintan Center, kemudian ke arah Jala. DI. Panjaitan menuju simpang batu 6. Lalu mengarah ke Jalan Gatot Subroto, Jalan MT. Haryono, Jalan Brigjen Katamso, melawan arus Jalan Bakar Batu. Dari Jalan Ketapang, iring-iringan mobil hias menyambung peserta pawai budaya hingga garis akhir menuju Anjung Cahaya.

Sementara peserta pawai budaya akan melintasi dari simpang Jalan Pos, Jalan Hangtuah, dan berakhir di Anjung Cahaya.

Untuk kelancaran pawai budaya dan mobil hias, jalan-jalan yang digunakan sebagai rute pawai akan ditutup selama pawai tersebut berlangsung. Pihak Dinas Perhubungan dan Kepolisian akan melakukan pengalihan arus kendaraan, dimulai dari pasar ke Jalan Gambir – Jalan Mawar – Jalan Tambak – Jalan Potong Lembu – Jalan Kemboja – Jalan Pelabuhan (buka tutup). Kemudian melintas pasar melewati Jalan Yusuf Kahar, Jalan Bintan (melawan arus), dari pukul 10.00-12.00 Wib.

Untuk itu, masyarakat diharapkan memaklumi kondisi lalu lintas selama agenda tersebut berlangsung. “Agar kemeriahan HUT Kota Otonom Tanjungpinang yang dilaksanakan setahun sekali ini dapat berjalan lancar,” ujar Riono.

ementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dadang, AG, menjelaskan sejauh ini, peserta mobil hias yang sudah terdaftar sebanyak 48 peserta, dari OPD, instansi Vertikal, dan swasta.

Tak hanya peserta pawai budaya dan mobil hias, deretan acara juga dimeriahkan, barisan drumband, pasukan Merah Putih, barisan bunga manggar, barisan OPD, Kecamatan dan Kelurahan, barisan gabungan SMP, SMA, dan SMK. (aya)

Update