Jumat, 29 Maret 2024

Minta Regulasi Jadi Poros Maritim Dunia

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat menghadiri rapat kerja pemerintah 2017 di istana Negara dengan Presiden Joko Windodo, Selasa (24/10). F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun meminta dukungan sejumlah regulasi dan dukungan infrastruktur kepada Presiden Joko Widodo, saat menghadiri Rapat Kerja Pemerintah 2017 di Istana Negara, Selasa (24/10) siang. Dengan regulasi dan dukungan yang diberikan, pergerakan ekonomi Kepri akan semakin laju dan ekonomi akan semakin tumbuh. Cita-cita untuk menjadikan Kepri sebagai titik utama Indonesia sebagai poros maritim dunia segera terealisasi.

“Presiden minta daerah konsen pada pertumbuhan ekonomi, dan saya yakin dengan diberikannya sejumlah regulasi dan dukungan pembangunan infrastruktur untuk Kepri, pertumbuhan ekonomi akan kembali tinggi,” kata Nurdin usai menghadiri RKP di Istana Negara.

Nurdin pada RKP itu menjadi salah satu Gubernur yang diberi kesempatan berbicara dan bertanya. Dia minta sejumlah regulasi yang sesuai dengan potensi yang memang ada di Kepri. Termasuk pembangunan infrastruktur yang kini dikerjakan sejumlah kabupaten kota di Kepri.

Di antara yang diajukan Nurdin adalah regulasi untuk pusat logistik, energi, kepelabuhanan. Termasuk pelabuhan bertaraf internasional. Nurdin juga minta agar izin tangkap untuk kapal ikan 30 GT diserahkan saja ke pemerintah provinsi.

“Kita juga minta regulasi pengelolaan labuh jangkar segera diselesaikan,” kata Nurdin. Sehingga, kata Gubernur, jasanya bisa diambil pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat.

Selain itu, Nurdin minta pelabuhan entri point kapal-kapal pesiar ke Kepri. Apalagi Kepri semakin mengandalkan sektor kepariwisataan dan kemaritiman. Pada kesempatan tersebut, Nurdin mengucapkan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi yang telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 41 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan. “Terima kasih Pak Presiden,” kata Nurdin.

Nurdin juga menyebutkan Kepri juga sudah mengajukan beberapa KEK yang semuanya untun meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dia antara yang diajukan adalah KEK di Pulau Asam, KEK Pariwisata untuk Anambas. Juga Natuna dan Lingga.

Pada kesempatan tersebut, banyak hal yang ditekankan Presiden memang sedang dipersiapkan dan dilaksanakan di Kepri. Presiden Jokowi, misalnya menyampaikan segera mengeluarkan Perpres untuk membangun sistem e-procurement, e-planning, e-budget sehingga mengurangi korupsi. Kepri sendiri, di akhir tahun ini sudah menekankan bahwa e-planing dan e-budgeting harus sudah jalan. “Jangan ada yang bermain dengan anggaran, karena itu Presiden ingin sistem terus diperkuat,” kata Bupati Karimun dua periode ini. (bni)

 

Update