Sabtu, 20 April 2024

Rumah Ambruk Masuk Program RTLH

Berita Terkait

Rumah milik Rasman, 28, warga kampung Purwodadi RT 03, RW 03, Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang yang ambruk tertimpa pohon, Rabu (24/10), lalu dimasukan dalam program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). F. Choki/Batam Pos.

batampos.co.id – Lurah Kawal, Vebbi Detra Nusanda mengintruksikan pegawainya untuk segera berkoordinasi kepada Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Bintan, agar rumah milik Rasman, 28, warga kampung Purwodadi RT 03, RW 03, Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang yang ambruk tertimpa pohon, Rabu (24/10), lalu bisa dimasukan dalam program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Ini dilakukan mengingat keadaan rumah tersebut, sudah rusak parah dan tak bisa terpakai lagi untuk ditinggali.

“Kita sudah lihat rumahnya. Keadaanya rusak parah. Melihat fisiknya yang sudah hancur dan tak bisa lagi ditempati, tentu rumah ini sangat cocok dan layak dimasukkan program RTLH. Ini akan akan kita upayakan,” jelas Vebbi, saat menyambangi rumah tersebut, Rabu (25/10).

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Vebbi menyarankan kepada pemilik rumah, agar segera menebang beberapa pohon besar yang mengelilingi rumahnya itu, karena dianggap membahayakan.

Lanjutnya, dilihat dari ketinggiannya, pohon tersebut memiliki usia yang cukup lama, sehingga dikhawatirkan akan tumbang apa bila terjadi hujan deras yang disertai tiupan angin kencang.

“Sekarang ini cuaca tak menentu, jadi kita minta segera ditebang. Soalnya di sebelah padat rumah penduduk. Kita harapkan jangan sampai ada musibah lagi,” jelasnya.

Vebbi juga menghimbau kepada warganya, disaat cuaca ekstrim seperti ini, diminta kepada warga agar berhati hati, baik yang melaut maupun yang sedang dalam perjalanan.

“Yang melaut, jika masih terjadi musim seperti ini, sebaiknya di urungkan niatnya ketika akan melaut, begitu juga pengendara dijalanan. Apalagi musim pohon tumbang, kita minta agar berhati-hatilah,” imbunya.

Usai menyambangi rumah korban tertimpa pohon, Vebbi kembali mengunjungi rumah Herianto dan Suparman, warga RT 04, RW 01, Kawal Pantai, Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, yang rumahnya juga ikut terkena sapuan angin puting beliung. (cr20)

Update