batampos.co.id – Mewujudkan masyarakat sehat, tidak bisa mutlak menjadi tanggung jawab pemerintah daerah melalui dinas kesehatan belaka. Tetapi juga perlu melibatkan peran instansi lain dan juga sudah pasti partisipasi kesadaran masyarakat sendiri.

Belum lama ini, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, menggelar Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang melibatkan instansi lain sebagai bukti dari sinergitas mewujudkan masyarakat sehat.

Sekretaris Daerah Tanjungpinang, Riono mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, selama lima tahun terakhir, pemerintah daerah cukup perhatian dengan peningkatan kualitas layanan kesehatan. Dibuktikan dengan perbaikan kualitas puskesmas yang ada.

“Sebelumnya bagunan Puskesmas sederhana, itu semua sudah berubah, hingga kita diapresiasi oleh tamu yang datang ke Kota Tanjungpinang,” ungkapnya, kemarin.

Karena bangunan dan fasilitas saja dirasa masih belum cukup, maka perlu kerja sama lintas instansi agar masyarakat yang sehat itu benar-benar bisa terwujud. Riono mengaku sudah mengintruksikan agar seluruh OPD sesuai tupoksinya, bisa turut berpartisipasi pada gerakan kampanye kesehatan ini.

Dinas Kepemudaan dan Olahraga misalnya. Belum lama ini, Dispora sudah melaksanakan lomba lari 10 kilometer, Bappelitbang menggarkan keuangannya dan sebagainya.

Kemudian mengoptimalkan lembaga perguruan tinggi, kesehatan bukan saja di lingkungan internal semata, tetapi pengaruh lingkungan ekternal juga luar biasa. “Semuanya harus sinergi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kota Tanjungpinang,” tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana, Rustam, menjelaskan germas adalah upaya dalam mewujudkan keshatan masyarakat. Ada tantangan hadapi beban ganda, di satu sisi penyakit menular masih cukup tinggi, dan disisi lain penyakit tidak menular, seperti, jantung, pembuluh darah, hipetensi, kanker, dan kecelakaan, dan jumlah ini dari waktu ke waktu semakin tinggi pengaruhi harapan hidup manusia. Karena itu, gerakan masyarakat hidup sehat sangat penting untuk mencapai masyarakat yang sehat.

Untuk mencapai masyarakat sehat, kata dia, perlu keterlibatan lintas instansi, baik Lurah, Camat, OPD, PKK, para kader, bahkan Poltekes, Akbid, dan masyarakat, agar kegiatan germas yang sudah dilakukan lebih terencana, sistematis, dan berkesinambungan.

“Saya ingin Germas diperkuat. Untuk itu, kami membuat dengan penandatangan pernyataan komitmen sebagai langkah koordinasi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya,” ucapnya. (aya)

Advertisement
loading...