Jumat, 19 April 2024

Tanjungbatu Diselimuti Kabut Asap

Berita Terkait

Usut Korupsi Insentif Pajak di Sidoarjo

Ratusan Tewas akibat Banjir Afghanistan-Pakistan

Suasana Karimun yang diselimuti kabut asap. F.Imam/Batam Pos.

batampos.co.id – Awan tebal masih menyelimuti Tanjungbatu hingga Rabu (25/10) pagi. Kabut asap tebal yang sudah terlihat sejak Senin (23/1) lalu itu mulai dikeluhkan warga. Warga khawatir terserang infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Warga menduga kabut asap yang telah menyelimuti pemukiman berasal dari pembakaran lahan gambut. Terutama saat membuka lahan baru atau membersihkan lahan.

Ajo, 37, salah seorang warga mengatakan, saat pagi hari kabut asap cukup tebal. Disebutkan pagi hari saat aktivitas jalanan ramai, sangat terasa efek kabut asap. Terlebih saat jam sibuk kondisi ini sangat mengganggu aktifitas warga.

Kapolek Kundur Kompol Wisnu Edhi Sadono membenarkan keluhan warga terkait kabus asap tersebut. Dikatakannya pihak kepolisian sudah mendeteksi sejak awal. Bahkan anggota sudah turun ke lapangan, dan ditemukan ada lahan gambut yang terbakar namun sudah dipadamkan oleh warga dan RT setempat.

“Diimbau masyarakat jika membuka lahan baru jangan cara dibakar, terlebih jika lahan gambut. Karena dalam sepekan terakir ini cuaca cukup panas dan membahayakan,” imbau Wisnu.

Kapolsek juga mengajak kepada masyarakat agar waspada saat memasuki musim kemarau seperti sekarang ini. Dan hindari dari membakat sampah ataupun membersihkan kebun agat terhindar dari kabut asap. (ims)

 

Update