Jumat, 26 April 2024

Feri Anambas-Tanjungpinang Rusak

Berita Terkait

batampos.co.id – Feri Trans Nusantara yang melayani rute Anambas-Tanjungpinang gagal berangkat akibat satu mesin pendorong rusak, Kamis (26/10). Seluruh penumpang yang sempat mengisi feri, terpaksa turun lagi dengan rasa kecewa. Sebelumnya penumpang sudah menunggu di dalam feri hampir satu jam lamanya.

Setelah terompet feri berbunyi menandakan siap diberangkatkan, masing-masing penumpang mencari tempat duduk di dalam kapal. Namun setelah satu jam menunggu kapal tersebut tidak juga diberangkatkan malah akhirnya mereka diturunkan karena head mesin sebelah kiri bocor.

Kapten kapal feri Trans Nusa, Alamsyah, mengatakan tidak menduga akan mengalami kerusakan mesin, tapi masih beruntung karena kerusakan diketahui sebelum kapal berlayar. Ia mengatakan tidak berani mengambil risiko memaksakan kapal berangkat membawa penumpang.

“Dengan kondisi mesin rusak, kami tidak berani menanggung risiko jika dipaksakan berangkat dengan membawa penumpang,” jelasnya.

Katanya, kapal itu bisa berlayar menggunakan satu mesin lainnya, namun ia tidak berani membawa penumpang disebabkan mesin tidak normal secara keseluruhan.
Diakuinya kapal tersebut sudah tua dengan tahun produksi sekitar tahun 1990. Namun kata Alam, kapal itu masih layak pakai. Feri tersebut selanjutnya akan diperbaiki di Tanjungpinang.

Agen feri Acay, mengatakan tidak ada kompensasi untuk penumpang yang gagal berangkat kemarin. Tetapi bagi yang tidak mau berangkat, agen akan mengganti harga tiket utuh.

“Kami tetap prioritaskan bagi penumpang yang mau berangkat hari Sabtu mendatang. Tetapi bagi yang mengembalikan tiket akan dibayar seharga nilai beli,” pungkasnya.
Untuk keberangkatan dari Tarempa menuju Letung harga tiket Rp 125 ribu, sedangkan Tarempa menuju Tanjungpinang harga tiketnya sebesar Rp 427 ribu per orang. (sya)

Update