Iklan
Ahmad Sulton. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun telah membentuk tiga tim dengan satu koordinator untuk tahapan verifikasi administrasi partai politik (Parpol) yang akan mengikuti Pemilu 2019 mendatang. Sejak pekan lalu, verifikasi telah dilakukan dan ditemukan adanya identitas ganda.

Iklan

“Identitas ganda yang dimaksudkan di sini adalah satu nama sama dengan KTP ada sebagai kader di Parpol lain. Untuk saat ini Parpol apa saja yang terdapat identitas ganda belum bisa kami sebutkan. Karena saat ini masih berjalan tahapan. Pada pertengahan bulan depan setelah masa tahapan verifikasi administrasi selesai, baru akan kami sampaikan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Karimun, Ahmad Sulthon kepada Batam Pos, Kamis (26/10).

Untuk itu, katanya, setelah selesai tahapan verifikasi administrasi parpol ini, pihaknya aklan melakukan cross-check terkait identitas ganda kepada orang-yang bersangkutan. Ada kemungkinan, sebelumnya orang yang bersangkutan memang menjadi kader atau pengurus suatu Parpol. Namun sudah keluar dan pindah ke Parpol lain, tapi namanya di Parpol yang lama belum dihapus.

“Untuk saat ini jika dalam verifikasi administrasi ada ditemukan kekurangan, Parpol belum bisa memperbaiki. Untuk perbaikan ada tahapannya sendiri. Pekerjaan verifikasi ini tidak mudah, makanya dibentuk tiga tim. Sebelum hasil akhir verifikasi sampai ke komisioner, terlebih dulu koordinator akan melakukan pengecekan lagi apakah sudah lengkap semuanya,” jelas Sulthon. (san)