Kamis, 28 Maret 2024

2.600 Paket Sembako Murah Didistribusikan di Kecamatan Lubukbaja

Berita Terkait

batampos.co.id – Warga Kecamatan Lubukbaja berbondong-bondong mendatangi lapangan Sepak Bola Tanjunguma, Jumat (27/10). Mereka akan membeli paket sembako murah yang disediakan oleh Pemko Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Pada putaran ke-2 ini, Pemko Batam menyediakan sedikitnya 2.600 paket untuk Kecamatan Lubuk Baja. Paket tersebut dijual kepada masyarakat senilai Rp 50 ribu. Adapun isi paket tersebut 5 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, serta 1 kilogram gula pasir.

Pemko Batam mensubsidi sebesar Rp 51 ribu dengan dari harga total Rp 101 ribu. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi bersama dengan Wakil Walikota, Amsakar Achmad berkunjung ke lokasi penjualan Bazar Sembako murah. Wawako dalam sambutannya mengatakan kegiatan bazar Sembako murah disejalankan dengan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kegiatan bazar Sembako murah dilakukan dua kali putaran dan menurut Wawako itu murni merupakan ide dari Wali Kota.

“Ini bertujuan untuk memberi ruang kepada masyarakat untuk perbaikan ekonomi. Faktanya, pertumbuhan ekonomi kita pada tri wulan ketiga ini 1,56 persen dengan dengan kenaikan tarif listrik menyebabkan inflasi naik dan daya beli menurun. Karena itulah Walikota kembali menganggarkan kegiatan bazar Sembako murah ini melalui APBDP,” kata walikota.

Menurutnya, pembangunan tidak berhasil jika masyarakat tidak sejahtera. Pemko Batam menurutnya saat ini tengah fokus pada pembangunan infastruktur, pendidikan, kesehatan dan Sembako murah. Untuk membangun Batam, Wawako mengatakan bahwa pemerintah membutuhkan dukungan dari masyarakat. Kini antara Pemko Batam dan BP Batam sama-sama berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita sudah bagi-bagi tugas. Jika izin di wilayah KEK, Pak Wali Kota siap untuk menyerahkannya. Begitu juga untuk pemukiman, fasum dan fasos diserahkan ke Pemko Batam. Mari sama-sama kita beri nilai positif untuk Kota Batam,” lanjutnya.

Ketua Penyelenggara kegiatan Bazar Sembako Murah, Kabid Tertib Niaga, Yuhermon mengatakan tujuan bazar sembako murah ini untuk menahan daya beli masyarakat yang sedang turun. Dengan kegiatan diharapkan dapat menahan laju inflasi dari sektor pangan. Harapannya semoga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik tanpa kendala.

Kepala Badan pusat Statistik (BPS) Batam, Rahayudin mengakui, program sembako murah yang diselenggarakan pemko mampu menekan kenaikan harga dan mengendalikan inflasi. “Untuk September 2017, inflasidi Batan sebesar 0,53 persen. Lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu di angka 1 persen,” katanya. (rng)

Update