Jumat, 19 April 2024

Nurdin Langsung Uji Coba Ketahanan Mesin

Berita Terkait

Gubenur Kepri Nurdin Basirun mencoba sampan ketinting bantuan yang diserahkan kepada nelayan, Jumat (27/10). F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, bantuan-bantuan yang diberikan kepada masyarakat akan terus dievaluasi. Tujuannya agar bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran dan pemanfaatannya. Pihaknya ingin bantuan yang diberikan berguna untuk masyarakat, bukan sekadar menghabiskan anggaran.

“Setiap bantuan yang diberikan harus sesuai dengan keperluan dan keinginan masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan penghasilan mereka. Apalagi bantuan yang diberikan memang hasil pantauan dan turun ke lapangan,” kata Nurdin saat menyerahkan bantuan 104 sampan ketinting fiber untuk nelayan se-Kota Batam, di Pulau Buluh, Batam, Jumat (27/10).

Pada anggaran 2017, sebanyak 224 unit sampan fiber diserahkan kepada nelayan se-Kepri. Tahun ini, selain bantuan untuk nelayan, juga diserahkan bantuan sektor pertanian, olah raga dan sektor-sektor lainnya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.
Selain dihadiri ratusan nelayan, saat penyerahan itu hadir juga Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri Eddy Sofyan dan TP4D Wiwin Iskandar. Hadir juga staf khusus Gubernur Kepri Yanto.

Nurdin menegaskan pemilihan fiber untuk ketinting ini karena bahannya mudah didapat dan mudah perawatan. Karena sudah ada peralatan yang bagus, Nurdin menekankan pentingnya menjaga lingkungan tetap baik. Salah satunya dengan tidak membuang sampah, apalagi plastik, ke laut.

Laut yang tetap baik, kata Nurdin akan menjaga biota didalamnya tetap banyak. Malah laut dan lingkungan yang bersih sangat membantu potensi kepariwisataan Kepri. Saat ini Kepri menjadi pintu gerbang wisata bahari Indonesia.

Untuk evaluasi, Nurdin menekankan agar dinas terkait terus melakukan cek dan ricek di lapangan. Dia mencontohkan Presiden Joko Widodo untuk suatu proyek infrastruktur bisa beberapa kali melakukan pengecekan dan evaluasi.

“Kalau sudah diberi, lihat betul pemanfaatannya. Cek sampai ke dapur, perhatikan agar harus semakin membaik. Termasuk perekonomian mereka yang diberi bantuan,” kata Nurdin sambil mengatakan agar nelayan yang dapat bantuan memanfaatkan secara benar, merawatnya serta meningkatkan pendapatan.

Tak hanya menyerahkan bantuan, Nurdin juga mencoba sampan-sampan ketinting yang diberikan. Di antara ratusan bantuan itu, Nurdin memilih Dingkis 11, nama sampan yang dibantu untuk dibawanya. Padahal Nurdin sudah diarahkan untuk mencoba Dingkis yang lain.

Nurdin memacu ketinting dengan kecepatan rendah dan diikuti nelayan-nelayan yang sudah dapat bantuan. Dalam beberapa saat, Nurdin memacu dengan gas yang tinggi mengitari laut di depan Pulau Buluh. Nelayan pun memacunya dengan kecepatan tinggi.
Nurdin juga mendayung untuk menguji kekuatan dayung. Apalagi saat penyerahan secara simbolis, Nurdin menyerahkan dayung kepada para nelayan.

Nurdin tampak puas dengan Dingkis 11 yang dipandunya. Dia berharap pendapatan masyarakat nelayan terus berubah meningkat. Tokoh masyarakat Pulau Buluh, Ahmad Rahmad Hidayat berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Tidak hanya sampan ketinting, Ahmad menyebutkan banyak bantuan untuk masjid pelabuhan dan di Pulau Buluh malah listrik tahun depan akan semakin baik.

“Kami akan terus dukung program-program Pak Gubernur. Apalagi program dan kebijakannya memang untuk membuat Kepri semakin baju,” kata Ahmad. Ahmad mengaku salut karena banyak permohonan bantuan sering disampaikan dalam suasana informal. Dalam bentuk silaturahmi seperti di masjid dan kedai kopi. (bni)

Update