Sabtu, 20 April 2024

BRK dan Pemprov Kepri Sosialisasikan Transaksi Non Tunai

Berita Terkait

Penandatanganan MoU tentang pelaksanaan pembangunan transaksi non tunai dengan Bank Riau Kepri di Hotel Harmoni Batam, Jumat (27/10). F. Panitia untuk Batam Pos

batampos.co.id – Pemprov Kepri bekerjasama dengan Bank Riau Kepri (BRK) kembali melaksanakan sosialisasi program pembayaran non tunai dengan menghadirkan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Syarifuddin sebagai narasumber di Hotel Harmoni, Jumat (27/10) Batam. Kegiatan yang mendukung program Pemerintah Pusat terhadap pelaksanaan transaksi non tunai.

Untuk program non tunai ini, Provinsi Kepri selangkah sudah lebih maju dibanding provinsi lain. Provinsi Kepri sudah mengimplementasikan transaksi non tunai pada Bank Riau Kepri yaitu KASDA online, SKPD online, aplikasi pajak hotel dan restoran, dan penerimaan PBB Online. Selain Batam, Bintan, Anambas, Karimun, dan Tanjungpinang yang telah menerapkan KASDA online.

Asisten Bidang Ekonomi Sekdaprov Kepri, Syamsul Bahrum dalam sambutannya menyampaikan program non tunai ini sangat penting untuk mendukung sistem Good Governance. Syamsul menjelaskan, program transaksi non tunai ini sejalan dengan visi misi Gubernur Kepri dalam mengedepankan transparansi.

“Kami berharap seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) mendukung penuh program Pemerintah Pusat ini,” ungkapnya.

Program yang akan dilaksanakan 1 Januari 2018 mendatang ini meliputi penerimaan dan pengeluaran daerah. Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Syarifuddin mengatakan transaksi non tunai dapat menciptakan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah. Peran perbankan dalam implementasi non tunai memiliki banyak dampak positif, seperti mempermudah pelayanan, meminimalisir resiko penyelewengan pembayaran dari sisi penerimaan daerah, dan peningkatan akurasi pendapatan daerah.

“Program non tunai sudah dilakukan di beberapa negara seperti Inggris, Perancis, Tiongkok, dan Belgia. Bahkan di Belgia, 93 persen pemerintahnya sudah melakukan transaksi non tunai,” jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepri Gusti Raizal Eka Putra, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri Iwan M. Ridwan, Dirut Bank Riau Kepri Irvandi Gustari, Direktur Operasional Denny Mulya Akbar, Komut HR. Mambang Mit, Komisaris Independen Taufiqqurahman, dan para Pemimpin Divisi terkait. (cca)

 

Update