Nabilah Ratna Ayu Azalia mengakhiri perjalanannya dengan JKT48 karena sakit dan ingin fokus di pendidikan (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

Nabilah Ratna Ayu Azalia memutuskan untuk mundur dari grup idola JKT48.

Melalui pengumuman resmi yang disampaikan oleh manajemen, Nabilah mundur karena sakit.

Pengumuman mundurnya Nabilah diunggah manajemen melalui website JKT48. Pengumuman tersebut berbunyi:

Karena kondisi kesehatan yang kurang baik, Nabilah Ratna Ayu Azalia (Team J) telah menjalani masa istirahat, akan tetapi karena tidak adanya pemulihan yang berarti, yang bersangkutan tidak dapat tampil kembali dengan kondisi prima di depan para fans semua.
nabilah, nabilah JKT48, nabilah keluar dari jkt48

Setelah berdiskusi dengan manajemen, Nabilah memutuskan untuk mengundurkan diri dari JKT48. Oleh karena hal tersebut, terhitung sejak 31 Oktober 2017 yang bersangkutan sudah tidak melanjutkan aktivitasnya di JKT48.

Dalam pengumuman itu, Nabilah juga melampirkan surat untuk penggemarnya. Melalui tulisan tangan, member Tim J itu mengawali suratnya dengan menyampaikan perasaan rindunya. “Aku percaya, tidak ada satupun orang yang siap dengan perpisahan. Tetapi, perpisahan akan selalu ada dan sudah menjadi bagian dari setiap pertemuan,” tulisnya.

Sebelum sampai pada pokok bahasan, gadis yang berulang tahun tiap 11 November itu mengucapkan terima kasih kepada JKT48. Sebab, sudah membesarkan namanya dan telah bersama-sama selama enam tahun sejak awal JKT48 berdiri. Berbagai rintangan disebutnya berhasil dilalui, tetapi tidak untuk kali ini.

Nabilah mengatakan, saat ini ada diposisi sulit untuk memilih. Antara pendidikan atau karir di JKT48. Untuk informasi, Nabilah saat ini duduk di bangku kelas 3 SMA dan bersiap menghadapi ujian nasional. “Namun rintangan kali ini, aku harus memilih salah satunya. Karena membagi kedua hal ini sangat sulit. Pendidikan dan JKT (JKT48, red),” imbuhnya.

Nabilah mengatakan, beberapa bulan ini sudah mencoba untuk melakukan keduanya bersamaan. Tetapi, tidak maksimal karena dia harus terlambat saat latihan. Ternyata, dia menyebut itu tidak bisa dilakukan bersama-sama dan membuatnya memutuskan untuk memilih pendidikan.

Surat perpisahan Nabilah yang diunggah di JKT48.com (JKT48.com)

Selain pendidikan, Nabilah juga memiliki masalah di kesehatan. Sejak operasi usus buntu pada 2016, kondisinya di panggung tidak bisa fit seperti dulu. Meski sudah diberi waktu oleh manajemen untuk berisirahat, tapi kondisinya tidak kunjung membaik.

’’Ada hari-hari di mana aku merasa telah menyulitkan dan membuat semua orang khawatir karena hal ini. Aku minta maaf untuk semuanya,’’ terangnya.

Nabilah juga menyebut jika posisinya saat ini sangat sulit. Namun, dia sudah yakin dengan pilihan yang sudah dibuat. Dia lantas meminta izin kepada penggemar untuk meneruskan perjalanan yang dia pilih.

’’Aku yakin dengan rencana Allah untuk hidupku. Perpisahan yang paling menyedihkan adalah dilupakan, maka jangan pernah lupakan kenangan manis yang selama ini kita lalui,’’ pintanya.

Keberadaan Nabilah di JKT48 akhir-akhir ini memang menjadi pembicaraan oleh penggemar. Maklum, Nabilah sudah jarang muncul di Teater JKT48 maupun ikut pertunjukan lainnya. Padahal dia masuk dalam daftar member yang menyanyikan single ke-17 JKT48 yaitu Indahnya Senyum Manismu dst. Tidak hanya itu, saat ulang tahun teater ke-5, ada sesi para member mengungkapkan apa yang mereka rasakan.

Nah, saat itu Gaby, member sesama generasi pertama mengungkapkan kerinduannya pada Nabilah. Sebab, sudah jarang hadir. ”Kamu bilang sudah kelas 3 SMA, mau siapin UN. Aku mau apapun yang kamu lakukan, kamu jangan lupa sama orang yang sayang sama kamu. Jangan lupa sama JKT48, karena kamu member yang paling disayangi,” kata Gaby. (dim/ce1/JPC)

Respon Anda?

komentar