Kamis, 25 April 2024

Pelajar SMPN 2 Binaan Tebing Pawai Nusantara

Berita Terkait

batampos.co.id – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Binaan Tebing melakukan pawai dengan mengenakan pakaian adat nusantara ke tiga tempat yaitu Dinas Pendidikan Karimun, Kantor Bupati Karimun dan Polres Karimun, Senin (30/10).

Pawai tersebut mengangkat tema “Dengan semangat Hari Sumpah Pemuda, kita satukan keberagaman, ciptakan generasi yang kreatif dan berwawasan yang berlandasakan iman dan taqwa”.

“Setiap Hari Sumpah Pemuda tetap kami gelar pawai dengan pakaian adat nusantara bagi para pelajar. Untuk memupuk rasa cinta terhadap budaya nusantara yang berbeda-beda, namun satu dalam kesatuan NKRI yang utuh,” jelas Kepala SMPN 2 Binaan Tebing Raja Hernayati, kemarin (30/10).

Yang menjadi menarik adalah, pernak-pernik yang menempel di pakaian adat yang dikenakan dibuat dengan kreativitas anak-anak memanfaatkan daur ulang barang bekas. Seperti tulisan papan yang terbuat dari karton bekas, bunga dan sebagainya. Pada setiap kunjungan, para pelajar tersebut membawa kerajinan tangan hasil kreativitas pelajar untuk diberikan sebagai kenang-kenangan.

“Jadi ke tiga instansi yang dikunjungi diberikan sebuah karya kreativitas anak-anak dari bahan daur ulang. Agar bisa menjadi kebanggaan anak-anak bahwa karyanya dipajang di instansi-instansi seperti di Polres Karimun ini,” ungkapnya, saat rombongan pawai singgah di Polres Karimun.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim ketika dimintai tanggapannya mengungkapkan, apa yang dilakukan oleh SMPN 2 Binaan Tebing sangat positif dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. Agar para pelajar di tingkat SMP/sederajat tahu bahwa bangsa Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa, kaya akan adat istiadat yang tetap satu sebagai anak Indonesia. Sesuai dengan Sumpah Pemuda 28 Oktober, ada tiga butir penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu.

“Sebagai implementasinya kepada generasi muda terutama para pelajar, salah satunya melalui pakaian adat yang dipergunakan saat berkunjung ke instansi-instansi,” ucapnya.
Pantauan di lapangan, rombongan pelajar SMPN 2 Binaan mengawali kunjungan ke kantor Dinas Pendidikan Karimun, kemudian dilanjutkan ke Kantor Bupati yang diterima langsung oleh Sekretaris Daerah M Firmansyah. Terakhir kunjungan ke Polres Karimun yang disambut langsung oleh Wakapolres Karimun, Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika. (tri)

Update