Jumat, 29 Maret 2024

Tinggal Cari Waktu Pelantikan

Berita Terkait

Tengku Dahlan, F.Yusnadi/Batam Pos.

batampos.co.id – Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tanjungpinang, Tengku Dahlan menyebutkan rekomendasi pelantikan eselon dua atas jabatan-jabatan yang kosong sudah terbit. Ada dua jabatan setingkat eselon dua, kata Tengku, yang belum dilantik sejauh ini.

“Persetujuan sudah ada tinggal tunggu waktu yang baik saja untuk pelantikannya,” kata Tengku, kemarin.

Sedangkana jabatan lain yang masih kosong setingkat eselon tiga dan empat, sambung Tengku, sedang dibahas nama-namanya. Tapi satu yang pasti, akan dilantik dulu jabatan untuk eselon dua.

“Karena dua ini sudah dari hasil open bidding dan sudah melalui persetujuan KASN,” ujar Tengku.

Terbitnya rekomendasi Kemendagri ini sekaligus mengurangi kerisauan Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah yang memang mengeluhkan bahwasanya kekosongan delapan jabatan di lingkungan kerjanya lumayan mengganggu.

“Kalau dibilang mengganggung, ya mengganggu sekali,” kata Lis, kemarin.

Semisal, kata dia, ketiadaan sekretaris di Disdukcapil Tanjungpinang. Menurut Lis, jabatan ini cukup strategis karena porsinya pelayanan langsung terhadap masyarakat. Namun, hingga sekarang belum ada yang mengisi dan menyebabkan kinerja dinas terkait tidak maksimal.

Lis memang masih belum bisa melakukan mutasi pejabat eselon III dan IV lantaran telah melewati batas dari tenggat akhir pada 12 Agustus lalu. Sebagaimana yang diatur Undang-Undang nomor 10 tahun 2016, kepala daerah tidak boleh melantik pejabat di enam bulan sisa jabatan dan enam bulan setelah dilantik.

Untuk diketahui, jabatan yang kosong tersebut antara lain, Kepala Bidang Pemerintah, Kepala Bidang Pembangunan, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Kebersihan dan Pertamanan, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Kota, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Usaha Mikro, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Sekretaris Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil. (aya)

Update