Jumat, 19 April 2024

Anggaran Dinas Koperasi Usaha Mikro Pemko Batam Rp 2,3 Miliar, Bisa untuk Apa?!

Berita Terkait

Produk boneka UKM yang diajakarkan di Lapas

batampos.co.id – Anggaran 2018 di Dinas Koperasi Usaha Mikro (KUM) Kota Batam hanya Rp 2,3 miliar. Padahal saat ini, jumlah UKM di Batam mencapai 75 ribu. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah, seiring banyaknya masyarakat yang buka usaha imbas dari sulit mencari lapangan kerja.

Kepala Dinas KUM Kota Batam, Suleman Nababan mengatakan anggaran dinas untuk KUM Kota Batam tahun 2018 hanya Rp 2,3 miliar. Anggaran tersebut turun sekitar Rp 700 juta dibandingkan tahun lalu atau 2017.

“Anggaran untuk dinas memang turun, jadi sekarang hanya Rp 2,3 miliar. Sebelumnya Rp 2,9 miliar, kemudian di APBDP dikurangi lagi Rp 200 juta,” terang Suleman.

Dikatakannya, jumlah anggaran Rp 2,3 miliar itu akan digunakan untuk seluruh kegiatan di Dinas KUM serta gaji pegawai. Diantara kegiatan yang masuk dalam anggaran seperti pelatihan sumber daya manusia, peningkatan SDM, pelatihan kewirausahaan dan dukungan untuk sertifikasi.

“Seluruh kegiatan UKM dan anggaran dinas masuk pada anggaran tersebut,” ujar Suleman.

Ia tak menapik jumlah anggaran Rp 2,3 miliar itu tak bisa memaksimalkan pelatihan untuk seluruh UKM di Batam. Apalagi Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri mencatat jumlah UKM di Batam sudah diangka 75 ribu.

“Itu data awal yang kami dapat. Kalau jumlah segitu, kemungkinan untuk keseluruhan tak sampai. Namun, kami berusaha maksimal untuk penggunaan anggaran,” imbuh Suleman.

Menurut dia, jumlah 75 ribu UKM di Batam diduga akan terus bertambah. Hal itu juga dapat dilihat dari jumlah pedagang kecil yang terus bertambah.

“Kalau melihat kondisi ekonomi saat ini, yang berhenti kerja mending jualan, daripada pulang kampung,” pungkas Suleman. (she)

Update