batampos.co.id – Kasus HIV yang ditemui di Tanjungpinang diakui Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Rustam masih cukup tinggi. Terutama pada temuan kasus baru. Hal ini mengidentifikasi masih adanya penularan yang terjadi di Tanjungpinang.

“Tapi banyak juga yang jumpa sudah AIDS,” kata Rustam.

Hingga September kemarin, jumlahnya mencapai 73 kasus yang tersebar di seluruh kecamatan. “Bisa dipastikan masing-masing kecamatan ada ODHA (Orang dengan HIV/AIDS),” ujar Rustam.

Dari 73 kasus ini sebanyak 54 persen merupakan kalangan pelanggan. Lalu kalangan diurutan kedua penderitanya yakni ibu rumah tangga yang mencapai 24 persen. Sementara 12 persen, merupakan kalangan pekerja seks. Kemudian hubungan laki-laki terhadap laki-laki sebanyak empat persen. Dan waria sebanyak tiga persen.

Sementara itu dari klasifikasi jenis kelamin HIV/AIDS yang terjadi pada kalangan lelaki sebanyak 57 persen. Dan 43 persen lainnya kalangan perempuan.

“Kalau untuk usia justru didominasi usia produktif,” papar Rustam.

Dari himpunan data, sebanyak 77 persen penderitanya merupakan kalangan berusia 25-49 tahun. Sementara 11 persen terjadu pada penderita di rentang usia 15-24 tahun. Delapan persen terjadi di kalangan usia lebih dari 59 tahun. Tiga persen terjadi pada penderita usia kurang dari empat rahun. Dan satu persen terjadi pada penderita usia 5-14 tahun. (aya)

Advertisement
loading...