Fasilitas penunjang bandara sudah selesai. Bahkan saat ini pesawat perintis Susi Air sudah beroperasi di Bandara Letung. F.Syahid/Batam Pos.

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menyampaikan surat permohonan Kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk dapat meresmikan Bandara Letung. Dalam surat bernomor 488/Kdh.KKA/08.17 tersebut selain permohonaan peresmian bandara, juga akan disejalankan dengan peresmian Roro di Palmatak dan Festival Padang Melang (FPM).

“Dalam surat yang disampaikan kepada Presiden kami meminta beliau bisa datang ke Anambas untuk meresmikan Bandara Letung sekaligus Roro di Palmatak dan Membuka FPM hajat besar pemerintah daerah Anambas,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas Zulkarnaen, Minggu Selasa (7/11).

Zulkarnaen mengungkapkan, untuk saat ini persiapan Pemda sudah maksimal, seperti pembangunan fisik bandara yang sudah memperpanjang runaway dari 1,2 KM menjadi 1,43 KM. Selain itu fasilitas penunjang lain juga sudah selesai. Bahkan saat ini pesawat perintis Susi Air sudah beroperasi di Bandara Letung. “Alhamdulillah Bandara Letung sudah siap untuk diresmikan, mudah-mudahan Presiden bersedia turun dan datang ke Anambas pada bulan Mei tahun 2018 mendatang,” ujarnya.

Zulkarnaen, mengungkapkan, Bandara Letung sendiri dibangun melalui anggaran Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan APBD Kabupaten Kepulauan Anambas. Hadirnya bandara yang berlokasi di Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur itu diharapkan mampu membuka akses transportasi. Terpisah, Kasatpel Bandara Letung Ariadi Widyawan juga membenarkan telah beroperasinya bandara tersebut, tapi diharapkan peresmiannya langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Ariadi, menjelaskan, pemerintah daerah juga diminta untuk segera menghibahkan Bandara Letung kepada Pemerintah Pusat karena hibah tersebut merupakan salah satu syarat agar bandara tersebut diresmikan. “Saya sudah bertemu Bupati untuk segera menghibahkan bandara ke Pusat, dan respon beliau sangat baik,” tukasnya. (sya)

Respon Anda?

komentar