Selasa, 23 April 2024

ngeTweet, Kini, Bisa Sampai 280 Karakter

Berita Terkait

Ilustrasi: Twitter (Independent.co.uk)

batampos.co.id – Main, twitter kini makin asyik….

Kini pengguna jejaring sosial itu dapat menuliskan hingga 280 karakter di kolom tweet mereka.

Artinya, karakter di Twitter bertambah dua kali lipat.

Keputusan ini tentu tidak sembarang diambil. Perusahan rintisan Jack Dorsey itu sebelumnya telah melakukan uji coba kepada sebagian penggunanya. Mereka diberi kebebasan untuk menulis sepanjang 280 karakter.

Twitter menyebut bahwa secara historis, 6,9 persen Tweet dalam bahasa Indonesia mencapai batas saat hanya ada 140 karakter. Hal ini menunjukkan bahwa ada tantangan untuk mengekspresikan pemikiran pengguna ke dalam Tweet. Mereka sering kali menghabiskan banyak waktu untuk mengedit, bahkan terkadang meninggalkan Twitter sebelum cuitannya di-posting. Namun dengan 280 karakter, persentase tersebut turun menjadi 1 persen.
Twitter 280 karakter

Ilustrasi: Twitter (Independent.co.uk)

“Pada saat melakukan percobaan, jarang sekali ada Tweet yang mendekati batas karakter. Ini berarti pengguna menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengedit Tweet mereka di-composer,” kata Aliza Rozen, Product Manager Twitter dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Rabu (8/11).

“Ini juga menunjukkan bahwa lebih banyak karakter mempermudah orang mengekspresikan pemikiran mereka dalam sebuah tweet. Jadi mereka dapat mengatakan apa yang ingin mereka katakan, dan mengirim Tweet lebih cepat dari sebelumnya,” sambungnya.

Pihak Twitter menambahkan, awalnya banyak dari pengguna khawatir bahwa timeline Twitter akan terus berisi orang-orang yang mencuit dengan 280 karakter. Orang-orang dengan batas baru tersebut akan selalu menggunakan seluruh karakter yang disediakan. Tapi hal itu tidak terjadi.

Dari data yang ada hanya 5 persen tweet yang dicuitkan memiliki lebih dari 140 karakter dan hanya 2 persen yang memiliki lebih dari 190 karakter. Akibatnya pengalaman pengguna di linimasa tidak akan berubah secara signifikan.

Pengguna masih akan melihat orang-orang di liniamasa mencuit dengan jumlah tweet yang kurang lebih sama. Sebagai referensi, di linimasa, cuitan dengan gambar atau jajak pendapat biasanya mengambil lebih banyak ruang daripada cuitan dengan 190 karakter.

Selain lebih banyak mencuit, pengguna dengan batas 280 karakter bisa meraih engagement yakni Likes, Retweets, @mentions yang lebih tinggi, mendapat lebih banyak follower, dan menghabiskan lebih banyak waktu di Twitter.

“Pengguna yang ikut serta dalam percobaan 280 karakter menyebutkan bahwa batas karakter yang lebih banyak membuat mereka merasa lebih puas dengan cara mengekspresikan diri di Twitter, menemukan konten menarik dan Twitter secara keseluruhan,” tutup Aliza Rozen. (ded/ce1/JPC)

Update