batampos.co.id – Kabupaten Lingga mendapatkan banyak kado istimewa diusinya yang menginjak 14 tahun.. Selain menjadi tuan rumah perhelatan akbar yang diikuti seluruh masyarakat Melayu di penjuru negeri dalam acara Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antarbangsa (PMTMA), Sultan Mahmud Riayat Syah dinobatkan sebagai pahlawan Nasional.

“Sultan Mahmud Riayat Syah disetujui sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo,” ujar Wakil Bupati M Nizar, kepada Batam Pos, Rabu (8/11) pagi.

Pengajuan Sultan Mahmud Riayat Syah, sebagai Pahlawan Nasional ini cukup berliku-liku, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini di karenakan dokumennya tidak berada di satu tempat di Kabupaten Lingga atau di daerah lain di Kepri. Akan tetapi ada di luar negeri.

Selain itu, Kepala Dinas Kebudayaan M Ishak mengatakan, penganugerahan gelar pahlawan nasional Sultan Mahmud Riayat Syah akan dilakukan esok hari, Kamis (9/11). Pemprov juga telah melakukan beberapa persiapan seperti rapat sejak Senin sore pekan ini.

Sedangkan Pemkab Lingga sudah jauh hari merencanakan kegiatan yang istimewa yakni PMTMA bersamaan dengan peringatan HUT ke 14 Kabupaten Lingga. Sebagai rasa terimakasih, yang tak terhingga dan ucapan syukur, Bupati Lingga mengundang seluruh penulis dan penyusun naskah perjuangan SMRS dan orang yang bejasa atas pengusulan SMRS sbg pahlawan nasional, termasuk Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan para Zuriat SMRS.

SMRS selain sebagai pahlawan besar gerilya laut juga sebagai tokoh utama Bunda Tanah Melayu sehingga memang pantas menyandang pahlawan nasional. Nantinya, kemashuran SMRS akan ditampilkan melalui suatu tarian kolosal yang sudah digarap oleh salah seorang penata tari tebaik tingkat nasional. (wsa)

Respon Anda?

komentar