Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Anak dari TGKH Zainuddin Abdul Madjid. Dikejahuan Gubernir Kepri, Nurdin Basirun mewakili Ahli Waris Sultan Mahmud Riayat Syah.

batampos.co.id – Presiden Joko Widodo tetapkan Sultan Mahmud Riayat Syah dari Kepulauan Riau sebagai pahlawan nasional.

Presiden memimpin langsung upacara penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada empat tokoh yang telah ditentukan berdasarkan pedoman yang ada.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam rilisnya menyampaikan penganugerahan gelar tersebut merupakan salah satu rangkaian peringatan hari Pahlawan tahun 2017.

Keempat tokoh dimaksud ialah

  • Tuan Guru K.H. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid asal Nusa Tenggara Barat,
  • Laksamana Malahayati dari Aceh,
  • Sultan Mahmud Riayat Syah dari Kepulauan Riau,
  • Prof. Drs. H. Lafran Pane asal Yogyakarta.

Gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada keempatnya melalui Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/Tahun 2017 tanggal 6 November 2017 dan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis, 9 November 2017 dengan dihadiri oleh ahli waris dari keempat tokoh tersebut.

Mengutip siaran pers Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Sekretariat Militer Presiden Laksma TNI Imam Suprayitno, penganugerahan gelar pahlawan nasional tersebut memperhatikan petunjuk Presiden Republik Indonesia sesuai usulan dari Kementerian Sosial mengenai permohonan pemberian gelar pahlawan nasional.

Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan sendiri dalam menjalankan tugasnya berpedoman pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009. (*)

 

Respon Anda?

komentar