Kamis, 25 April 2024

Ada 471 Kepala Keluarga Tinggal di TPA Punggur

Berita Terkait

Suasana TPA Punggur, Kota Batam

batampos.co.id – Cuaca ektrim yang tengah melanda Kota Batam menybabkan bencana longsor di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Punggur, Jumat (10/11). Satu warga setempat Rohiyah bahkan kehilangan nyawanya karena tertibun longsoran sampah.

“Saya turut berduka cita untuk keluarga almarhumah,” kata Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad usai meninjau lokasi longsor.

Ia menjelaskan longsor terjadi karena intensitas hujan yang cukup tinggi, sehingga tumpukan sampah menghantam korban yang tengah mandi.

“Kondisi ini memang murni karena hujan, jadi bencana tak terelakkan,” sebutnya.

Disinggung mengenai warga yang tinggal di lokasi TPA Punggur, Pak Am, demikian ia kerap disapa, mengungkapkan sebenarnya berdasarkan peraturan yang ada tidak dibenarkan warga berada di sekitar TPA.

“Jelas tidak boleh karena dari segi kesehatan dan keamanan mereka sudah tidak terjamin,” ujarnya.

Berdasarkan laporan dari camat setempat, saat ini sedikitnya 471 KK bermukim di sekitar TPA.

Pak Am akan memanggil camat dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Disperakimtan) untuk mendudukkan permasalahan ini.

“Kami akan cari apa solusi terbaik bagi mereka yang ada di sini, agar kejadian serupa tidak terulang kembali,” tambah pria 49 tahun ini.

Kenyataannya, lokasi ini harus bebas dari pemukiman, karena alasan kesehatan dan lainnya. TPA ini berhubungan dengan sampah, dan jika mereka bermukim di sini tentu akan berdampak untuk kesehatan mereka.

“Secepatnya akan kami tuntaskan permasalahan ini, jangan sampai ada Rohiyah kedua, atau ketiga,” tutupnya. (cr17)

Update