Kamis, 18 April 2024

Jadikan Perjuangan Pahlawan Motivasi Dalam Pembangunan

Berita Terkait

Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama Ribut Eko Suyatno melakukan tabur bunga pada Ziarah Nasional memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Pusara Bakti Tanjungpinang, Kamis (9/11). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Sekda Provinsi Kepri TS. Arif Fadillah berharap moment hari pahlawan saat ini dapat menumbuhkan nilai kepahlawanan di kalangan generasi penerus bangsa. Selain itu, perjuangan para pahlawan yang telah mempertahankan kemerdekaan hendaknya menjadi insprasi dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal yang positif untuk mewujudkan cita – cita para pejuang terdahulu.

“Sebagai penerus perjuangan hendaknya seluruh warga negara Indonesia khususnya generasi muda untuk terus melestarikan dan mendayagunakan sikap perilaku para pahlawan kusuma bangsa dalam rangka membangun bangsa yang lebih baik kedepan,” ujar Arif sesaat setelah menghadiri acara Ziarah Makam Pahlawan dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 di Taman Makam Pahlawan, Tanjungpinang, Kamis (09/11).

Turut hadir pada acara ini Danlantamal IV, perwakilan FKPD dan Asisten Administrasi Umum dan Kepala OPD di Lingkungan Setda Provinsi Kepri.

Arif menyebutkan kegiatan ziarah ke makam pahlawan ini sebagai bentuk penghormatan bangsa terhadap para pahlawan. Para pahlawan menurut Sekdaprov, sangat layak mendapatkan penghormatan dari segenap elemen bangsa karena jasa-jasanya bagi Bangsa Indonesia.

“Kegiatan ziarah ini memiliki arti penting, disamping sebagai penghormatan kepada para pahlawan,” jelasnya.

Tidak lupa pada kesempatan ini Arif mengajak kepada seluruh masyarakat di Kepulauan Riau untuk menyambut Gelar Pahlawan kepada salah satu tokoh besar dari Melayu di Kepulauan Riau yakni Sultan Mahmud Riayat Syah, yang diserahkan oleh Presiden RI di Istana Negara, Jakarta, Kamis (09/11).

“Mari kita sama-sama syukuri anugerah yang besar bagi masyarakat Kepri ini karena dengan penganugarahan ini maka saat ini Kepri akan memiliki 3 orang Pahlawan Nasional,” ujar Arif.

Pada kesempatan yang sama Danlantamal IV Tanjungpinang setelah menjadi Inspektur Upacara Ziarah Makam Pahlawan ini mengharapkan kepada generasi muda untuk memahami dan memaknai perjuangan para pahlawan terdahulu.

“Untuk generasi muda, maknai, hayati dan teruskan perjuangan para pahlawan. Isi pembangunan dengan melakukan hal-hal yang berguna guna. Generasi sekarang harus lebih baik kedepannya” ujar R. Eko Suyatno, SE, MM.

Kegiatan Ziarah Makam Pahlawan ini sendiri, diawali dengan upacara penghormatan dan doa, kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga secara bergantian pada makam-makam pahlawan. (bni)

Update