Jumat, 29 Maret 2024

Pintu Air dan Parit Kurang Memadai

Berita Terkait

Banjir di Desa Sungai Ungar Utara. F. Imam Sukarno/Batam Pos.

batampos.co.id – Hujan deras yang mengguyur Pulau Kundur dalam dua hari terakhir, menyebabkan sejumlah rumah di Desa Sungai Ungar Utara Kecamatan Kundur Utara (kuta) terendam banjir. Beruntung beberapa rumah penduduknya kebanyakan merupakan rumah panggung sehingga air tidak masuk dalam rumah.

Udin, 45 salah satu warga mengakui, jika banjir yang terjadi dirasakan hampir setiap tahun. Terutama jika terjadi hujan lebat terus menerus dipastikan banjir. Banjir yang terjadi menggenangi halaman rumah, pekarangan dan perkebunan hal ini yang sangat menggangu aktifitas warga. Bahkan merugikan karena tidak dapat beraktifitas karena rumah mereka dikepung air hujan yang meluap.

“Banjir yang terjadi disebabkan minimnya pintu air dan kondisi parit kurang dangkal sehingga jika terjadi hujan lebat langsung banjir. Kejadian ini sudah saya rasakan hampir setiap tahunya, terutama jika memasuki musim hujan seperti sekarang ini,” kata Udin, Kamis (9/11) kemarin.

Pantauan di lapangan, sejumlah rumah di Desa Kundur Utara terendam banjir. Sudah tiga hari belakangan, air banjir belum surut. Banjir disebabkan air kiriman dari sejumlah desa dan luapan air sungai di Desa Sungai Ungar Utara.

Selain itu banjir juga menggenangi halaman beberapa rumah di Desa Sungai Sebesi kecamatan Kundur Utara. Diharapkan pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk melakukan tindakan agar banjir tidak terjadi lagi di Pulau Kundur. (ims)

Update