Jumat, 29 Maret 2024

2018, Target 3 Ribu Wisman tapi …

Berita Terkait

Sejumlah turis asal Singapura asyik berfoto dengan latar belakang welcome to Batam. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Walikota Batam, Muhammad Rudi optimis target 3 juta wisman akan terwujud seiring pembangunan yang tengah dikerjakan saat ini.

Selain itu dia juga meminta Disparbud untuk lebih kreatif menggelar event pariwisata.

Bisakah target itu terpenuhi?

Jelang akhir tahun 2017, Dinas Pariwisata Kota Batam belum memastikan berapa jumlah event baik nasional dan internasional yang akan digelar di Batam, guna menarik wisatawan untuk berkunjung.

“Masih kami susun bersama pelaku wisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Pebrialin usai menghadiri rapat pengentasan permasalahan banjir di Kantor Walikota Batam, Kamis (9/11).

Hingga saat ini event masih mengaju pada event yang ada tahun 2017, sedangkan untuk event lainnya masih diupayakan untuk diajukan kepada pihak Kementerian Pariwisata (Kemenpar), padahal sudah memasuki penghujung tahun.

“Ya kami masih terus melobi pihak Kemenpar untuk menggelar event di Batam,” sebutnya.

Disinggung mengenai event apa yang sudah disampaikan kepada pihak kementerian, Pebrialin mengaku ada beberapa event yang akan diajukan diantaranya karnival kebudayaan. Dia menargetkan awal tahun seluruh kalender event pariwisata Batam juga akan disebarkan di pintu masuk wisman diantaranya bandara, pelabuhan baik domestik dan internasional.

“Kami upayakan Januari publik sudah bisa mengakses kalender event yang akan digelar sepanjang tahun 2018 mendatang,” ujarnya.

Mengenai target 1,7 juta wisatawan yang tak kunjung tercapai, mantan Kepala Dinas KUKM Kota Batam ini mengungkapkan masih optomis hingga akhir tahun, mengingat masih ada beberapa event jelang akhir tahun nanti.

Hingga September target wisman Batam berada di angka 1.081.543.

“Masih ada kesenian melayu pertengahan bulan ini, kami harapkan bisa mengejar 600 ribu bahkan lebih sampai akhir tahun nanti,” ucapnya.

Untuk tahun depan, Pebrialin mengaku belum bisa menargetkan berapa angka wisman yang masuk ke Batam, berkaca dari pencapaian tahun ini yang masih jauh dari target.

“Target 3 juta wisman , kami masih coba wujudkan,” tutupnya.Ā (cr17)

Update