Sensissiana. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Karimun, Sensissiana meminta pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) agar memperbaharui izin usahanya. Seperti SIUP, surat keterangan dari Dinas Kesehatan apabila pelaku usaha di bidang makanan, dan sebagainya. Tujuannya agar usaha yang dijalankan bisa berkembang. Sebab pelaku UMK apabila ingin mengembangkan usahanya ke luar daerah, harus tertera perizinan di kemasan.

“Untuk perizinan mulai dari tingkat RT/RW, kelurahan/desa, kecamatan hingga Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karimun. Dengan demikian, melalui sosialisasi Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) silakan dimanfaatkan untuk menanyakan berbagai permasalahan terhadap UMK di wilayah Kecamatan Karimun. Terutama bagi pelaku UMK yang belum membuat izin,” kata Sensissianadi Gedung Nasional, Jumat (10/11) kemarin.

Dengan melengkapi persyaratan administrasi UMK bagi pelaku usaha, maka bila ingin usahanya berkembang tentu membutuhkan modal usaha. Pemberi pinjaman tentu akan melakukan pengecekan administrasi terlebih dahulu.

“Manfaat pengurusan izin sangat penting. Nanti bisa mendapatkan kemudahan dalam akses pembiayaan ke lembaga keuangan, perbankan dan non bank. Maupun kemudahan dalam pemberdayaan dari pemerintah pusat, daerah maupun lembaga lainnya,” ungkapnya.

Camat Karimun Arpan mengatakan, hingga kini pihaknya sudah mengeluarkan sekitar 700 IUMK di wilayah Karimun. Dimana para pelaku UMK melakukan usahanya di berbagai bidang, mulai dari perdagangan pakaian, sembako, kedai kopi dan sebagainya.
“Modal usahanya paling tinggi Rp 500 juta bagi pelaku UMK di wilayah Kecamatan Karimun. Yang paling penting adalah pengurusan perizinan usaha tanpa dipungut biaya alias gratis. Asalkan persyaratannya dipenuhi sesuai dengan aturan yang ada,” tuturnya.

Dengan sosialisasi IUMK, diharapkan pelaku usaha bisa mengetahui tentang izin usaha yang selama ini dijalankan. Sehingga, usahanya benar-benar bisa bersaing dengan pelaku usaha dari luar Karimun. “Manfaat pembuatan izin UMK bagi pelaku usaha, di antaranya lebih mudah menjalin kerja sama, mempunyai legalitas, sadar terhadap pajak. Kemudian bisa menjadi nilai tambah untuk akses permodalan maupun lokasi usaha yang terlindungi,” katanya. (tri)

Respon Anda?

komentar