Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, taburkan bunga di pelabuhan pelni Tarempa usai upacara di lapangan sepak bola Sulaiman Abdullah, Jumat (10/11). F. Syahid/Batam Pos.

batampos.co.id – Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Kabupaten Kepulauan Anambas diselenggarakan di dua tempat yakni, Upacara di Lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa dilanjutkan dengan tabur bunga di pelabuhan pelni dan upacara kenaikan bendera di Tokong Nanas yang merupakan salah satu pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Anambas. Upacara dilaksanakan di atas tongkang tepatnya di depan Pulau Tokong Nanas.

Untuk upacara bendera di Tarempa, bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, Komandan Upacara Ipda Gunawan Husein sementara peserta upacara terdiri dari Kompi, TNI dan Polri, Ormas dan LSM, ASN dan PTT serta Siswa-siswi SD, SMP dan SMP di Kecamatan Siantan. Sementara itu tamu undangan terdiri dari Ketua DPRD, Danlanal Tarempa, Kapolres Anambas, Wakapolres, Kacabjari, Sekda, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

Untuk upacara di pulau terluar, dilaksanakan oleh Kwartir Cabang (kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Anambas bersama instansi vertikal. Upacara tersebut meski sederhana dan singkat, tapi berjalan khidmat.

Karena upacara bendera di atas laut, maka sejumlah kendala siap menghadang seluruh peserta upacara. Apalagi saat ini ombak kuat sehingga kapal dan tongkang untuk upacara senantiasa bergoyang tak stabil.

Rombongan berangkat sejak pukul setengah enam pagi untuk berangkat ke pulau terluar yang berbatasan dengan Negara tetangga tersebut. “Alhamdulillah, hari ini pelaksanaan upacara di Pulau Tokong Nanas sudah dilaksanakan,” ujar Kepala Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra Jumat (10/11).

Wan mengatakan, upacara yang dilakukan ini, selain untuk memperingati hari pahlawan, juga mengajak seluruh komponen untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, terlebih dengan posisi Anambas yang berada pada daerah perbatasan.

“Melalui langkah ini, kami harapkan dapat mengetuk dan menyerukan ke seluruh komponen untuk bersama menjaga kedaulatan Republik Indonesia, apalagi daerah Anambas yang terdiri dari banyak pulau,” ungkapnya.

?Selain melakukan penghormatan ke bendera merah putih yang terpasang di puncak pulau, rombongan juga melakukan do’a bersama untuk arwah para pahlawan yang telah gugur dan untuk kesejahteraan masyarakat Anambas. Rombongan pun meninggalkan Pulau Tokong Nanas dan kembali ke Tarempa sekitar pukul sembilan pagi. (sya)

Respon Anda?

komentar