f-kominfo – Bupati Bintan Apri Sujadi menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017 dari Indonesian Insutitute for Public Governance (IIPG) dan diserahkan langsung mantan Wapres RI Boediono didampingi Mendagri Tjahyo Kumolo di Jakarta, Jumat (10/11) lalu.

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi menerima penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017 yang ditaja Indonesian Insutitute for Public Governance (IIPG). Penghargaan diberikan di Financial Graha CIMB niaga, Jakarta Pusat bertepatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11) lalu.

Anugerah ini juga diberikan kepada 50 kepala daerah yang berprestasi lantaran telah bekerja mengeluarkan terobosan dan inovasi. Ketua IIPG Sigit Pramono menjelaskan, penilaian berdasarkan aspek governance meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintah dan anti korupsi.

Sebelum menentukan 50 daerah yang berprestasi, tim penilai menyaring 538 daerah di Indonesia. Di mana, tim penilain melakukan survei lapangan, mengumpulkan data laporan keuangan daerah. Penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) harus tepat waktu serta inovasi yang dilakukan kepala daerah.

Dalam penilaian memiliki skor, yakni penilaian berdasarkan inovasi kemajuan
daerah. Dengan persentase penilaian inovasi sebesar 35 persen, tata kelola pemerintahan sekitar 30 persen dan sumber daya manusia sebesar 20 persen dan pertumbuhan ekonomi 15 persen.

“Dari 538, terdapat 22 daerah yang lolos saringan. Hingga akhirnya menjadi 50 daerah yang dinilai pantas menerima penghargaan,” tukasnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo mengatakan, daerah yang maju
harus memiliki inovasi, utamanya di bidang infrastruktur, bidang pendidikan dan kesehatan. Anugerah ini merupakan nilai tambah bagi kepala daerah dalam meningkatkan kinerja dan tata keuangan yang baik.

Harapnya, kepala daerah yang menerima penghargaan bisa meningkatkan kinerja
dan menjadi pimpinan di tingkat nasional. Bupati Bintan Apri Sujadi mengucapkan terima kasih kepada IIPG.

Awalnya ia terkejut ketika masuk dalam nominasi peraih penghargaan Anugerah Pandu negeri 2017. “Tak disangka kinerja pemerintah daerah Bintan yang selalu mengedepankan kepentingan masyarakat,” katanya.

Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat
Bintan yang sudah memberikan ide, kreativitas dan sumbangsih pemikiran dalam menyukseskan semua program pemerintah daerah.

Sekedar diketahui Bupati Bintan menerima Anugerah Pandu negeri 2017 dengan penilaian sebagai kepala daerah yang memiliki inovasi dalam penerapan pelayanan kesehatan gratis dan bantuan seragam sekolah.

Selain itu dirinya juga dinilai berhasil mempertahankan beberapa prestasi tingkat nasional diantaranya Anugerah WTP 6 kali berturut-turut, dan mempertahankan Piala Adipura ke tiga kalinya. (cr21)

Respon Anda?

komentar