Rabu, 24 April 2024

DPRD Kembali Sorot Kinerja BUMD Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – DPRD Batam kembali menyorot kinerja dan pendapatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Batam. Sebab, sejak berdiri belasan tahun lalu hingga sekarang, pendapatan BUMD untuk Batam tak pernah naik. Bahkan masih banyak masyarakat yang tidak tahu apa itu kerja dari BUMD di Batam.

Anggota DPRD Batam, Udin P Sihalo mengatakan kinerja BUMD Batam harus dirasakan masyarakat luas sesuai dengan tujuan awal dibentuknya BUMD tersebut. Namun hingga sekarang, kerja BUMD tak banyak diketahui atau berdampak pada masyarakat.

“Masih banyak masyarakat yang belum tahu apa itu BUMD. Sampai sekarang kerja mereka tak pernah nampak,” terang Udin.

Bahkan dalam pengadaan sembako murah oleh Pemko Batam untuk warga pun tak melibatkan BUMD dalam penyediaan. Padahal, BUMD bisa lebih memberi keuntungan dengan penyediaan sembako tersebut. Mereka bisa masuk langsung ke distributor dan mendapatkan harga lebih murah.

“Dengan modal surat dari Walikota, BUMD bisa bekerja sama dengan perusahaan untuk pengadaan sembako. Ini Pemko malah mengandalkan tender, bukannya BUMD,” tegas Udin.

Menurut dia, sejak BUMD berdiri tak pernah memberi keuntungang baik untuk Batam. Naiknya TDL juga tak memberi efek pada pendapatan BUMD untuk Kota Batam.

“Tak pernah naik, pendapatannya segitu-gitu saja. Dan membuktikan kalau peranan mereka itu tidak ada,” jelas Udin.

Ia juga mempertanyakan apa yang sudah disumbangkan BUMD untuk Batam. Padahal mereka sendiri berpotensi mendirikan usaha sendiri, seperti mendirikan hotel atau membentuk BPR sendiri.

“Kami juga sudah usulkan, mendirikan BPR, tapi tidak ada. Mereka tidak kreatif,” cetus Udin lagi. (she)

Update