batampos.co.id – Sekda Pemkab Natuna Wan Siswandi mengingatkan, kepada seluruh kepala Desa di Natuna segera melakukan evaluasi dan realisasian program Desa tahun 2017.

“Dana Desa pada triwulan IV rahun 2017 sudah disalurkan diseluruh kas Desa. Kades harus menggesa realisasi pembangunan yang sudah direncanakan,” kata Siswandi kemarin.

Namun kata Siswandi, transaparansi dibutuhkan dalam penyelenggaraan pembangunan nawacita Presiden yang telah mengamanatkan bahwa pelaksanaan pembangunan harus dimulai dari wilayah pinggiran, tingkat pedesaan. Dan memberikan peluang besar bagi pemerintah Desa untuk menentukan arah pembangunan sesuai skala prioritas.

Dengan alokasi anggaran sangat besar untuk Desa sambungnya, lebih memudahkan pemerintah Desa mengelola pembangunan secara mandiri. Peluang besar tersebut tentu diiringi dengan pengawasan yang dimaksudkan agar dalam pengelolaannya.

“Pengelolaan anggaran Desa harus terus dapat terpantau oleh masyarakat sebagai kontrol sosial dan lembaga penegak hukum,” ujar Siswandi.

Transparan dalam kelola dana Desa jelas Siswandi, seluruh tahapan pembangunan melalui proses perencanaan, realisasi, pelajaran dan pengawasan harus diselenggarakan secara terbuka. Agar rencana pembangunan yang tepat sasaran dan selalu berpedoman pada petunjuk dan peraturan yang berlaku.

Dikatakan Siswandi, pemerintah daerah juga akan terus melakukan evaluasi realisasi alokasi dana desa (ADD). Karena kemungkinan akan terjadi penurunan di tahun 2018 mendatang, dampak dari asumsi menurunnya angka APBD 2018.(arn)

Respon Anda?

komentar