Ketua KPU Natuna Affuandris melakukan verifikasi administrasi anggota parpol hingga ke makam warga karena masih tercatat sebagai salah satu anggota parpol. F. KPU Natuna untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Natuna masih melakukan verifikasi administrasi keanggotaan partai politik hingga pekan depan. Dari verifikasi sementara KPU menemukan hampir 300 nama keanggotaan partai politik ganda.

Selain itu, kata Ketua KPU Natuna Affuandris, dalam verifikasi administrasi KPU menemukan nama anggota partai yang sudah satu tahun meninggal, tetapi masih terdaftar dalam keanggotaan.

“Kami sangat kaget kemarin, kami sampai diarahkan ke makam warga di Desa Air Lengit. Ternyata nama yang bersangkutan sudah meninggal tahun 2016 lalu,” kata Affuandris, Minggu (12/11).

Selain itu kata Affuandris, nama ganda dalam keanggotaan parpol ditelusuri satu persatu sesuai alamat. Dan banyak yang tidak mengetahui bahwa namanya tercatat dalam partai politik ketika dikomfirmasi KPU.

Verifikasi administrasi ini sambungnya, KPU juga menanyakan kepada bersangkutan menentukan pilihan disalah satu parpol atau tidak sama sekali. Tetapi sebagian besar yang temui dilapangan, warga tidak tahu namanya dalam keanggotaan parpol, sehingga memilih tidak ikut keanggotaan. Dan diberikan formulir pernyataan.

“Hampir 300 orang satu nama tetapi terdaftar lebih dari satu partai. Lebih lagi ada yang tak tahu namanya dan identitas masuk keanggotaan. Verifikasi administrasi selesai pekan depan. KPU fokus turun ke lapangan mengecek nama ganda. Dan akan dilanjutkan verifikasi faktual,” ujar Affuandris.(arn)

Respon Anda?

komentar