Jumat, 29 Maret 2024

Pembaca batampos.co.id, e-Paspor Memiliki berbagai Keunggulan, Antara Lain….

Berita Terkait

batampos.co.id– Elektronik Paspor secara sekilas hampir mirip seperti paspor biasa. Namun Elektronik Paspor atau sering disebut e Paspor ini, memiliki berbagai kegunaan dan dijamin lebih aman. Kabid Humas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Irwanto Suhaili menuturkan bahwa, dengan menggunakan e Paspor bebas visa saat memasuki beberapa negara.

“Salah satunya Jepang,” kata Irwanto, Sabtu (11/11).

Ia mengatakan dengan e paspor data yang tersimpan lebih aman dan sulit dipalsukan. Lalu kecepatan saat pemeriksaan keimigrasian, dapat menggunakan fasilitas auto gate. E Paspor Indonesia sendiri sudah melalui ujicoba di Bangkok, Thailand dan Kantor Pusat ICAO di Montreal, Kanada dan hasilnya sudah sesuai dengan standar internasional.

Irwanto menyarankan kepada masyarakat Batam khususnya, agar mengajukan e Paspor agar mempermudah perjalanan ke luar negeri. Caranya pengajuannya sama saja juga persyaratannya, hanya waktu penyelesaiannya yang memerlukan waktu lebih lama. Karena kita perlu menanamkan data biometrik ke dalam chip dan harus hati-hati agar data yang disimpan sempurna.

“Untuk biaya PNBPnya sendiri sebesar Rp.655.000 dibayarkan melalui bank persepsi,” ungkapnya.

Bagi masyarakat Batam yang suka travel ke luar negeri. Irwanto merekomendasikan agar segera membuat e Paspor.

“Data di e paspor terintegrasi dengan data e KTP,” ungkap Irwanto. (ska)

Update