Ahmad Sulton. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Proses verifikasi terhadap kepengurusan partai politik (Parpol) oleh KPU Kabupaten Karimun sudha selesai. Dan, selama proses tersebut dilakukan bermacam-macam yang ditemukan oleh tim. Mulai dari kepengurusan ganda, sampai dengan adanya ASN yang masuk menjadi pengurus partai.

”Memang, ada beberapa orang yang berstatus sebagai PNS masuk menjadi pengurus Parpol. Dengan temuan ini kita telah melakukan verifikasi faktual dengan mennemui orang yang bersangkutan. Ternyata, ada diantaranya yang sudah pensiun, hanya KTP belum diubah,” ujar Ketua KPU Kabupaten Karimun, Ahmad Sulthon kepada Batam Pos, Ahad (12/11).

Tak hanya itu, ada juga ketika dulu belum bekerja, tapi terdaftar di dalam suatu Parpol. Kemudian ketika sudah menjadi ASN, tidak mengetahui kalau namanya masih terdaftar di dalam keanggotaan Parpol. Sehingga, setelah kita verifikasi ASN yang bersangkutan memilih ke luar dari Parpol

Selain itu, lanjutnya, tim juga ada menemukan orang yang sudah meninggal masih terdafar sebagai kader Parpol. Itu ditemukan di wilayah Kecamatan Moro. Hal ini diketahui setelah timbul keraguan dan juga adanya informasi yang ifikasi faktual ternyata memang benar yang yang dimaksud sudah meninggal dunia. Akhirnya, data orang yang sudah meninggal tersebut tidak berlaku lagi.

Menyinggung tentang kader Parpol ganda, Ahmad menyebutkan, untuk data kader Parpol ganda jumlahn ya lebih dari 400 orang dan hal ini juga sudha dilakukan verifikasi faktual.  Hasil dari verifikasi ini akan kita umumkan Kamis (16/11). (san)

Respon Anda?

komentar