ilustrasi

batampos.co.id – Kebiasaan mengonsumsi air putih bisa menghidrasi tubuh sepanjang hari. Idealnya, seseorang minum 8 gelas dalam sehari dan bisa dimulai saat bangun tidur.

Saat bangun tidur di pagi hari, tubuh pasti kekurangan cairan (dehidrasi). Sepanjang malam istirahat, tubuh seharian lelah bekerja, maka organ-organ tubuh juga perlu cairan yang cukup untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

Oleh karena itu, minum air putih sangat vital bagi tubuh untuk mencukupi cairan tubuh sesegera mungkin saat bangun tidur. Bahkan sebaiknya dilakukan sebelum menyikat gigi.

Berikut enam manfaat besar minum air di pagi hari sebagaimana dilansir Boldsky:

1. Tubuh Lebih Bugar

Minum pertama di pagi hari akan membuat tubuh bugar kembali. Energi akan terisi kembali dan organ-organ tubuh akan kembali berfungsi dengan baik, sehingga dapat memberi tubuh dukungan cairan sebelum mulai menyantap makanan.

2. Baik Bagi Pencernaan

Minum air putih, 60 detik setelah bangun tidur, akan bermanfaat baik bagi pencernaan. Penelitian telah menunjukkan minum segelas air ukuran besar akan memperbaiki pencernaan dalam kurun waktu 1,5 jam hingga 24 jam.

3. Tangkal Racun

Minum air putih saat bangun tidur juga bisa menghalau racun dan membantu fungsi ginjal dalam menyaring darah. Bahkan, air akan membuat tubuh terasa lebih kenyang sehingga sarapan tak berlebihan.

4. Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat

Air akan mengisi bagian tengah tubuh dengan zat yang tidak mengandung kalori, sehingga membuat seseorang merasa lebih kenyang. Terhidrasi di pagi hari akan memperkuat dan menjaga kerangka limfatik agar tak rentan terhadap penyakit.

5. Cegah Penyumbatan di Usus Besar

Selain itu, kurangnya hidrasi juga terkait dengan kadar kortisol. Tidak cukup minum air di pagi hari akan memungkinkan usus besar mengalami penyumbatan.

6. Kulit Cerah

Air juga dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan berkilau. Bila tubuh terhidrasi dengan baik, kulit tetap bersih, halus, dan kenyal.

(ika/ce1/JPC)

Respon Anda?

komentar