Kevin Liliana

batampos.co.id – Usaha dan kerja keras Kevin Lilliana di ajang Miss International 2017 berbuah manis. Runner-up 1 Puteri Indonesia 2017 sekaligus Puteri Indonesia Lingkungan 2017 asal Bandung itu berhasil meraih gelar Miss International 2017.

Berlangsung di Tokyo Dome City Hall, Tokyo, Jepang, Selasa (14/11) malam, Kevin menggondol gelar juara dalam salah satu ajang ratu-ratuan sejagad itu. Saat nama Indonesia diucapkan presenter, Kevin tidak bisa menyembunyikan rasa harunya. Dia terus menutupi mulutnya dan terisak haru.

Pun saat Miss International 2016 Kylie Verzosa dari Filipina memberikan mahkota dan jubahnya, Kevin berusaha mengendalikan rasa harunya. Isak bahagia yang membanggakan negara.

Kevin pun tampak langsung menangis terharu usai dinyatakan sebagai pemenang Miss International 2017. Tampil dibalut gaun malam light blue rancangan Ivan Gunawan, wanita kelahiran 5 Januari 1996 itu terlihat tak percaya dirinya disebut sebagai juara.

“Inilah pencapaian yang saya raih dan saya persembahkan untuk Indonesia. Terima kasih Indonesia, we did it,”ucap Kevin.

Kevin Lilliana mengalahkan tujuh kontestan lainnya yang sebelumnya sama-sama masuk babak delapan besar Miss International 2017. Dia berhasil mengalahkan finalis dari Venezuela, Australia, Jepang, Ekuador, Laos, Inggris, dan Curacao.

Saat mengenakan mahkota, Kevin ditemani gaun rancangan presenter dan desainer Ivan Gunawan yang menjadi saksi bisu penobatannya Miss International 2017. Gaun malam yang membalut tubuh Kevin itu juga mengantarkannya meraih pengharaan Miss Best Dressed alias Putri Berbusana Terbaik.

Pencapaian Kevin ini bukan yang pertama kalinya di ajang ratu-ratuan sejagad. Di tahun yang sama, perwakilan Indonesia Ariska Putri Pertiwi juga berhasil memenangi ajang Miss Grand International 2017 yang digelar di Vietnam, 25 Oktober lalu. Saat dinobatkan sebagai pemenang, Ariska juga mempopulerkan ucapan “Indonesia, we did it” yang kemudian menjadi trending topic.

Sebelum berangkat, dia memamerkan beberapa busana yang bakal dikenakan selama kontes. Ada lima busana yang dia perlihatkan di Aula Sasono Wiwoho, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu lalu (18/10). Yakni cocktail dress, gaun malam, gaun kasual, kebaya, dan national costume.

Busana yang paling menarik perhatian adalah national costume. Jika kebanyakan kostum puteri-puteri sebelumnya berupa outfit yang megah dan berat, punya Kevin lebih simpel. Baju rancangan desainer Banyuwangi Annisa Febby itu diberi judul Mbok Jamu and Ancient Secret Potion. Wujudnya kebaya modifikasi ungu yang dipadu dengan bawahan bermotif batik dilem sempleh Banyuwangi.

Saat menggenakan busana itu, Kevin terlihat sangat cantik. Cemerlang dan aura kecantikannya memancar. Dalam kostum itu Kevin menggunakan caping berhias payet dan membawa keranjang berisi botol-botol jamu dengan selendang yang diikat di pundak.

Kevin Liliana

Ada delapan botol, tapi yang berisi jamu sungguhan hanya satu botol. Sisanya adalah botol yang dicat.

”Kalau semua ada isinya, nanti bisa repot bawanya,” kata Annisa.

Kevin melengkapi kostum itu dengan ember kecil yang dihias. Berjalan di catwalk, Kevin berlagak seperti penjual jamu sungguhan. ”Jamu…jamu…” ujarnya.

Annisa mengungkapkan, inspirasi national costume berasal dari ide seorang pageant lover, Imam Syafei. Di akun media sosialnya, Imam mengunggah desain yang mirip dengan kostum penjual jamu gendong. Oleh Annisa, desain itu lantas dimodifikasi sehingga jadilah kostum yang dipakai Kevin. Dengan mengangkat tema jamu, Yayasan Puteri Indonesia (YPI) ingin mengenalkan salah satu warisan nenek moyang yang sudah turun-temurun tersebut. (tia/AFP/jpgroup)

Respon Anda?

komentar