Sejumlah warga Kabil sedang membeli sembako murah yang digelar Disperindag Kota Batam di pasar Kabil Center, Nongsa, Jumat (3/11). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam menjamin persediaan sembako aman sampai menjelang perayaan hari raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Persediaan sembako seperti gula, minyak, beras dan daging tidak ada masalah. Masih cukup dan diprediksi aman hingga akhir tahun,” ujar Kepala Disperindag Batam, Zarefriadi, kemarin.

Menurut Zaref, guna menghadapi kebutuhan di akhir tahun, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan rutin melakukan pengecekan di sejumlah pasar tradisional.

Termasuk juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar ketersediaan bahan pokok bisa tercukupi. “Mana yang bisa di stok, kita stok dulu. Yang penting bagaimana stok sembako tetap tersedia. Bahkan untuk beras saja udah aman hingga 6 bulan ke depan,” sambung dia.

Untuk pengiriman rutin sembako dari luar daerah sampai saat ini juga masih aman. Meskipun kondisi cuaca di Batam kurang mendukung, namum belum mempengaruhi proses pengirimannya.

Terkait harga, Zaref menambahkan tidak ada kenaikan dan masih sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah pusat. “Selain menjaga ketersedian sembako, kita mengecek harga di pasar. Sampai saat ini masih sesuai HET yang ditetapkan,” imbuh Zaref. (rng)

Respon Anda?

komentar