Rabu, 24 April 2024

Info Cuaca Batam dan Sekitarnya Bisa Dipantau di Website Hang Nadim

Berita Terkait

batampos.co.id – Batam merupakan daerah kepulauan, yang cuaca sering berubah-ubah. Aktivitas masyarakat pun tak hanya di darat saja, tapi juga di laut. Sehingga memerlukan prakiraan dan informasi terbaru kondisi cuaca suatu daerah.

“Dan itu sekarang bisa dilihat langsung melalui website,” kata Kasi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, Suratman pada Rabu (15/11).

Berbagai layanan publik disediakan di website tersebut, mulai dari prakiraan cuaca, maritim, prakiraan angin, analisa angin, curah hujan serta permintaan data.

Suratman mengatakan bahwa untuk prakiraan cuaca akan ada pembaharuan setiap harinya. Dalam prakiraan itu berisikan soal hujan, angin, arus dan tinggi gelombang.

“Data disediakan mudah di baca masyarakat. Sehingga jadi acuan saat masyarakat berpergian, baik dengan moda transportasi darat, laut atau udara,” ungkapnya.

Di website ini, kata Suratman pihak maskapai juga bisa mengambil flight dokumen secara online. Sehingga tak perlu lagi untuk tiap saat menyambangi kantor forechaster.

“Data-data yang dibutuhkan maskapai bisa mereka unduh lewat website itu. Dan selalu kami update setiap saat,” ujarnya.

Data-data BMKG ini, kata Suratman tak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Tapi juga oleh berbagai instansi.

“Polda, BNPB dan instansi lainnya, meminta data ke kami. Klaim asuransi juga kadang meminta surat ke kami,” ungkapnya.

Ke depannya, website ini akan lebih ditingkatkan.

Kasi Datin Badan Meotrologi Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam Suratman memberikan pemaparan saat sosialisasi peningkatan pelayanan MKG di kantor BMKG Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (15/11). F Cecep Mulyana/Batam Pos

Secara umum, Suratman membeberkan kondisi cuaca di Batam. Ia mengatakan bahwa Batam berbeda dari daerah lainnya di Sumatera atau Jawa.

“Di sini tak non zone, atau tak mengenal musim. Hujan sepanjang tahun, tapi tiap bulan berbeda-beda intensitasnya. Mei, November dan Desember, hujan lebih intensif dan curahnya cukup tinggi,” tuturnya. (ska)

Update