Jumat, 29 Maret 2024

Ayo Berani Berwirausaha

Berita Terkait

Ketua panitia, Nurhuda (dua dari kiri) bersama pengusaha dan perwakilan Bank Indonesia, bersama-sama menabuh gendang tanda di bukanya Pesta Wirausaha Batam 2017, di gedung Bank Indonesia cabang Kepri, Kamis (16/11). F.Febby Anggieta Pratiwi/Batam Pos

batamops.co.id – Pesta Wirausaha Batam 2017 merupakan kegiatan ke empat yang rutin digelar setiap tahunnya oleh komunitas bisnis Tangan Di Atas (TDA), bekerja sama dengan Bank Indonesia dan Dinas Pariwisata Kota Batam. Kegiatan ini resmi dibuka, Kamis (16/11) dan akan berlangsung hingga Minggu (19/11).

Ketua pelaksana Pesta Wirausaha (PW) Batam 2017, Nurhuda Wiyanto mengatakan, pesta wirausaha adalah program bersama dari 61 TDA yang ada di Indonesia dan 4 TDA mancanegara (Singapura, Hongkong, Mesir, Australia), dimana pembukaan PW tahun ini diawali di Kota Batam.

“Batam sebagai kota pertama pelaksana PW tahun ini, dan akan disusul 64 kota/kabupaten, serta negara lainnya,” terang Nurhuda.

Sebagai wadah terbesar bergabungnya para wirausahawan Indonesia, TDA bermaksud untuk membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban.

“Dan PW ini salah satu kiat kami dalam mendorong semangat calon pengusaha maupun pengusaha baru hingga pengusaha yang sudah berjalan lama, agar tetap optimis berwirausaha,” ungkapnya.

Hal ini sejalan dengan proses menjaga stabilitas perekonomian dalam pengembangan usaha kecil yang sehat, yang dilakukan Bank Indonesia melalui bidang pengembangan ekonomi.

“Tugas kami salah satunya untuk menggenjot peningkatan UKM agar relatif sama dengan negara tetangga yang lebih maju,” terang kepala tim pengembangan ekonomi BI cabang Kepri, Rino Is Triyanto.

Dijelaskannya, saat ini jumlah UKM di Indonesia hanya sebesar 3,1 persen dibanding jumlah penduduk yang ada.

“Di negara maju, persentase ini minimal 5 persen ke atas. Maka itu diperlukan program-program dalam mendorong semangat masyarakat agar tidak ragu berwirausaha,” papar Rino.

Pesta Wirausaha Batam 2017 yang berlangsung selama 4 hari tersebut, dibagi dalam 2 kegiatan yakni seminar di Gedung Bank Indonesia mulai 16-17 November, dilanjutkan dengan Expo di Alun-Alun Engku Putri 18-19 November.

“Sejauh ini, jumlah peserta seminar maupun peserta expo sudah mencapai target yang dicanangkan penyelenggara. Diharapkan, kegiatan PW ini sukses membentuk pengusaha-pengusaha baru yang mumpuni,” tutup Nurhuda. (nji)

Update