Selasa, 16 April 2024

Besok, Tour de Singkarak Start

Berita Terkait

Tour de Singkarak 2017 tinggal menunggu hitungan jam.

Balap sepeda terbesar di Indonesia ini akan diangkat bendera start pada Sabtu 18 Agustus 2017.

Tercatat 20 tim dari 30 negara akan berpacu melewati 9 etape dengan total jarak 1.097 km dan memperebutkan hadiah sebesar Rp 3 miliar.

Mengangkat tema “The Biggest Sport Tourism”, Tour de Singkarak 2017 akan dimulai dari Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar sebagai tempat start dan finish di Kota Bukittinggi. Levelnya pun masih berstandard global. Di kalender Union Cycling International (UCI), TdS masuk pada kategori Asia Tour 2.2.

Pengakuan ini bukan tanpa sebab. Sejak 2013, Amauri Sport Organisation (ASO) merekomendasi TdS menjadi kejuaraan mayor di Asia karena mampu menyedot lebih dari satu juta penonton. Ranking TdS dari sisi dari jumlah penonton langsung naik ke peringkat 5. Angkanya hanya bisa dikalahkan Tour de France (12 juta penonton), Giro deItalia (8 juta), Vuelta a Espana (5 juta), Santos Tour Down Under (750 ribu) dan TdS (550 ribu).

Walaupun para peserta Tour de Singkarak 2017 melewati rute yang sangat panjang dengan total jarak 1097km. Namun, selama balapan berlangsung, mereka akan disuguhkan oleh pemandangan alam Sumatra Barat nan mempesona karena para pembalap akan melewati bukit, jurang, danau, lembah, air terjun, dan hamparan sawah nan indah.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan TdS menjadi sarana efektif mempromosikan pariwisata di Provinsi Sumatera Barat.

ā€œSejak penyelenggaraan TdS pertama 2009 kini bermunculan destinasi wisata baru di Sumbar yang dikenal masyarakat luas. Selain itu, penyelenggaraan event sport tourism memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat serta media value yang tinggi,ā€ ungkap Arief Yahya.

ā€œPelaksanaan TdS yang menyusuri alam Minangkabau memiliki beraneka ragam obyek wisata alam (nature) dan budaya (culture) tidak hanya mengenalkan destinasi Danau Singkarak semata, juga destinasi lainnya menjadi lebih dikenal masyarakat di antaranya Lembah Harau, Kelok 9, Istana Pagaruyuang, Pantai Gandoriah, Pantai Padang, serta Pantai Tiram dan banyak lagi,ā€ tambah Arief Yahya.

TdS ke-9 tahun ini akan menempuh 9 etape;

etape 1 dari Tanah Datar menuju Kota Padang dengan panjang 107 km;

etape 2 Painanā€“Sawahlunto sepanjang 166 km; dan

etape 3, Muaro Sijunjungā€“Pulau Punjung 100 km.

Etape 4 Danau Singkarakā€“Payakumbuh 135 km;

Etape 5 Lembah Harauā€“Padang Panjang 101 km; dan

etape 6 Kota Solok ā€“ Padang Aro Solok Selatan 140 km.

Sedangkan etape 7 Pariaman ā€“ Pasaman Barat 157 km;

etape8 , Padang Pariamanā€“Agam 101 km; dan

etape 9 Pasamanā€“Bukittinggi Sirkuit 90 km.

ā€œSetiap daerah yang akan dilalui tentu akan semua bersolek, baik dari atraksi, akses menuju destinasi, serta amenitas. Ini kesempatan dearah yang dilewati pebalap untuk mempromosikan daerahnya. Karena even TdS merupakan event internasional, media value-nya besar,ā€ ungkap Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti.

Esthy juga menyebutkan, dampak TdS sangat terlihat setiap tahunnya. Terlihat dari pertumbahan ekonomi dan infrastruktur di Sumatera Barat yang sangat pesat. Tidak hanya itu, data mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) di Sumatera Barat selalu mengalami peningkatan.

Data kunjungan wisman pada 2015 sebanyak 48.755, meningkat menjadi 49.686 wisman pada 2016. Untuk kunjungan wisnus, pada 2015 sebanyak 6.973.678 meningkat menjadi
7.343.282 wisnus pada 2016.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan dampak positif dari penyelenggaraan TdS sangat dirasakan oleh masyarakat Sumbar terutama direct impact ekonomi selama penyelenggaraan berlangsung.

ā€œTingkat hunian kamar hotel meningkat, begitu pula penjualan makanan, souvernir, dan oleh-oleh melonjak,ā€ kata Irwan Prayitno.

Penyelenggaraan TdS yang berlangsung setiap tahun, menurut Irwan Prayitno, juga mendorong peningkatan infrastruktur terutama jalan-jalan yang akan dilalui peserta balap sepeda menjadi terpelihara dan semakin mulus.

ā€œProvinsi Sumatera Barat sendiri berada di bagian barat tengah Pulau Sumatera. Wilayahnya memiliki dataran rendah di pantai barat, serta dataran tinggi vulkanik yang dibentuk oleh Bukit Barisan membentang dari barat laut ke tenggara. Sumatera Barat merupakan tempat yang tepat untuk Anda berpetualang hingga ke daerah pedalaman, mulai dari alam bebas, satwa liar, pulau, pantai, hingga hutan hujan tropis. Itu karena inilah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya dengan sumber keanekaragaman hayati dan keindahan alam,ā€ ungkap Irwan Prayitno.

Wisata alam di Sumatera Barat yang memiliki daya tarik memikat seperti Ngarai Sianok di Bukit Tinggi, Danau Maninjau, Danau Di atas, Danau Di bawah, Danau Singkarak, air terjun di Lembah Anai, Ambun Pagi, pantai Carolina, pantai Bumpus, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS); dan gunung berapi di Singgalam. Selain bentang alam yang begitu memukau.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati begitu banyak daya tarik budaya di Sumbar seperti Jam Gadang, Istana Pagaruyung, dan wisata sejarah gua Jepang di Agam dan Istana Kerajaan Pagarujung di Batusangkar. (*)

Update