Jumat, 19 April 2024

PAN dan Garuda Kurang Jumlah Anggota

Berita Terkait

Ahmad Sulthon. F. Sandi/Batam Pos.

batampos.co.id – KPU Kabupaten Karimun telah melakukan pleno terkait verifikasi partai politik (Parpol) dan kemudian menyampaikan kepada 14 Parpol yang ada di Kabupaten Karimun. Di dalam hasil verifikasi tersebut ada dua kategori, yakni memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat untuk jumlah anggota Parpol yang diserahkan ke KPU.

“Tadi siang (kemarin, red) pukul 14.00 WIB kami sudah menyampaikan hasil verifikasi yang kami lakukan selama tiga pekan. Khususnya, verifikasi terhadap data keanggotaan yang terdaftar di dalam Parpol. Sesuai dengan aturan untuk daerah kita jumlah minimal anggota Parpol itu seper seribu atau 10 persen dari jumlah penduduk. Artinya, minimal jumlah anggota yang dibuktikan dengan data KTP dan kartu anggota 240 orang. Karena jumlah penduduk Karimun 240 ribu jiwa,” ujar Ketua KPU Kabupaten Karimun, Ahmad Sulthon, Kamis (16/11).

Berdasarkan hasil verifikasi, kata Sulthon, ada dua Parpol yang tidak memenuhi syarat untuk jumlah minimal anggotanya. Keduanya dalah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Garuda. Berdasarkan data Sipol KPU jumlah anggota PAN itu sebanyak 242 orang. Hasil verifikasi ada yang tidak memenuhi syarat sebanyak 76. Atau hanya 166 yang memenuhi syarat.

“Kalau dilihat yang memenuhi syarat, belum sampai jumlah minimal 240 orang. Begitu juga untuk Partai Garuda, di data Sipol KPU jumlah yang terdaftar 298 dan setelah diverifikasi yang memenuhi syarat hanya 195. Sedangkan untuk partai lain, meski banyak anggotanya yang tak memenuhi syarat, tapi untuk jumlah minimal keanggotaan sudah mencukupi. Meski demikian, kepada Parpol yang masih kekurangan jumnlah anggota minimal masih ada waktu sampai awal bulan depan melakukan perbaikan,” paparnya.

Menyinggung tentang adanya ASN yang masuk Parpol, Sulthon menyebutkan, memang ada beberapa ASN yang ditemukan menjadi anggota, namun yang masih aktif menjadi ASN hanya satu orang saja. “Untuk itu, tim yang bertugas melakukan verifikasi sudah menemui ASN yang bersangkutan dan ASN tersebut menyatakan tidak ingin ikut Parpol dan tetap ingin menjadi ASN. Dan, ASN yang aktif itu ditemukan di Partai Gerindra,” ungkapnya. (san)

Update