Rabu, 24 April 2024

Tugas Jelas, Batuampar Bisa Dikembangkan

Berita Terkait

Sejumlah pekerja sedang melakukan bongkar muat di pelabuhan Batuampar. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Deputi III BP Batam, Dwianto Eko Winaryo mengaku senang setelah pembagian tugas antara BP Batam dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam pengelolaan pelabuhan tercapai.

“Setelah membenahi tumpang tindih kewenangan dengan Kemenhub, maka Senin akan ditindaklanjuti,” katanya di Gedung Marketing BP Batam, Kamis (16/11).

Dengan demikian BP Batam dapat melakukan tugasnya di pelabuhan tanpa ada gesekan dengan pihak lain.

Sejumlah tugas BP Batam berfokus kepada bisnis antara lain adalah menyediakan lahan di daratan dan di perairan pelabuhan. Kemudian menyediakan dan memelihara penahan gelombang, kolam pelabuhan, alur pelayaran masuk pelabuhan dan jaringan jalan, menjamin keamanan, ketertiban serta kelestarian di pelabuhan, menyusun rencana induk pelabuhan, menjamin kelancaran arus barang dan melakukan perjanjian kerjasama dengan pemegang izin usaha Badan Usaha Pelabuhan yang telah memenuhi persyaratan dan mengusulkan tarif .

Sedangkan Kemenhub berperan untuk urusan keselamatan pelayaran saja.”Tapi kami tak bisa sendiri mengembangkan Batuampar. Kami akan coba cari cara yang paling baik nanti,” ungkapnya.

Disamping itu, Dwi mengaku tengah berkomunikasi secara intensif dengan pengusaha pelayaran mengenai apa yang bisa BP Batam bantu untuk meningkatkan usaha mereka.

“Kami buka komunikasi lagi. Dan meminta masukan apa yang bisa gairahkan mereka,” pungkasnya.(leo)

Update