Kamis, 25 April 2024

Aktifkan Gerakan Dasa Wisma

Berita Terkait

Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Deby Apri Sujadi berdialog dengan anak-anak saat melakukan kunjungan ke salah satu desa di Bintan, Jumat (17/11) kemarin. F. Kominfo bintan untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Demi menyukseskan program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Deby Apri Sujadi
mengimbau jajaran Tim Pengerak PKK di tingkat kelurahan dan desa
mengaktifkan gerakan dasa wisma.

“Dasa wisma adalah wadah berbagi informasi dan menyerap aspirasi dari masyarakat, sehingga manfaat dari program unggulan pemerintah bisa dirasakan masyarakat, misalnya program pengobatan gratis, pemeriksaan gratis kanker serviks dan
payudara di semua puskesmas setiap hari kamis,” jelasnya, jumat (17/11).

Ia menambahkan, gerakan dasa wisma prinsipnya mengawasi dan memberdayakan kelompok masyarakat terkecil, yakni keluarga. Tak hanya itu, dasa wisma diharapkan memotivasi keluarga untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

Dikatakannya juga, bahwa banyak hal yang dapat dilakukan melalui dasawisma seperti melaksanakan kegiatan kerja bakti, hingga mengantisipasi munculnya berbagai gejala penyakit. Selain itu, lanjut Deby, secara administrasi bisa memutakhirkan data di setiap kepala keluarga, usaha perbaikan gizi keluarga dan keluarga berencana (KB).

“Dasawisma akan mempermudah koordinasi dan jaringan, sehingga program-program PKK dan program pemerintah dapat berjalan tepat sasaran dan tepat guna.
“Organisasi PKK harus mampu berperan serta sebagai wadah di masyarakat, baik sebagai motivator, komunikator, dan dinamisator guna menyerap seluruh aspirasi masyarakat,” tutupnya. (cr21)

Update