Kamis, 28 Maret 2024

Irjen Didid Widjanardi Gantikan Irjen Sam Budigusdian

Berita Terkait

batampos.co.id – Setelah menjabat sekitar enam belas bulan, Irjen Sam Budigusdian akan meninggalkan jabatan Kepala Polda Kepri. Tongkat komando akan diserahkan kepada Irjen Didid Widjanardi. Selanjutnya, Irjen Sam -yang di masa kepemimpinannya berhasil menaikkan status Polda Kepri jadi Tipe A (dipimpin jenderal bintang dua)- akan bertugas sebagai perwira tinggi SSDM Polri di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Peralihan kepemimpinan di Polda Kepri itu tertuang dalam telegram rahasia (TR) Kapolri bernomor ST/2750/XI/2017, ST/2754/XI/2017, ST/2756/XI/2017, Kamis (16/11) lalu.

Selain jabatan Kapolda, TR Kapolri juga menyebutkan adanya pergantian jabatan Wakil Kepala Polda Kepri. Posisi nomor dua yang saat ini diisi oleh Brigjen Didi Haryono akan diserahterimakan kepada Brigjen Yan Fitri Halimansyah. Yan Fitri bukan orang baru di jajaran Polda Kepri. Ketika Polda Kepri masih berstatus Tipe B, ia menjabat Wakil Kepala Polda dengan pangkat komisaris besar. Sedangkan Brigjen Didi Haryono akan dipromosikan sebagai Kapolda Kalimantan Barat.

Irjen Sam membenarkan peralihan tugas tersebut. “Saya harap Kapolda yang baru bisa lebih baik dari saya,” katanya kepada Batam Pos, Jumat (17/11).

Ia menitip pesan kepada Kapolda baru agar tetap konsen menjaga kondusivitas keamanan demi perbaikan perekonomian di Batam. Hal itu, kata dia, juga bertujuan mendukung program Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Sam yakin dengan kondisi keamanan yang kondusif dan tanpa gangguan dapat membuat pelaku usaha nyaman menjalankan roda usahanya. Selama ini, Sam menuturkan, ia sangat menjaga kondusivitas keamanan di Batam.

Masalah ini, kata dia, selalu ia tekankan kepada jajaran Polda Kepri. Sebab bila keadaan tak kondusif, akan membuat kegiatan bisnis terganggu. Ujungnya ekonomi melambat atau malah mengalami kemunduran.

“Padahal untuk meningkatkan perekonomian saja sangat susah. Karena itu, tetap jaga kondusivitas keamanan agar Kepri menjadi lebih baik dari sekarang,” ungkapnya.

Selama menjabat Kapolda Kepri, rekam jejak Sam cukup baik. Yang paling menonjol adalah upayanya membantu instansi pemerintah dalam meningkatkan perekonomian. Tak hanya menghadiri undangan diskusi-diskusi ekonomi, Sam kerap menjadi penengah dan mengundang para pelaku usaha untuk memecahkan permasalahan yang selama ini dihadapi.

Demo-demo buruh, sejak kepemimpinannya, menjadi lebih teratur. Tak ada lagi kerusuhan saat demo. Para buruh menyalurkan hasrat mereka, tanpa mengganggu jalannya perekonomian di Batam.

Irjen Pol Sam Budigusdian

Untuk mengamankan masyarakat Batam dari gangguan keamanan, Sam membuat berbagai program unggulan seperti Patroli Blue Light, Engku Putri, Patroli Kesatuan, yang melibatkan berbagai satuan di Polda Kepri.

Wakil Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri, Tjaw Hioeng, mengatakan Kepri membutuhkan pemimpin seperti Irjen Pol Sam Budigsudian. Ia menilai Sam sangat tegas, terutama mengenai hal-hal yang berhubungan dengan ekonomi.

“Demo buruh menjadi lebih tertib dan teratur,” ungkapnya.

Karena ketegasan Sam ini, Ayung mengatakan, iklim investasi jadi terjaga. Para investor menjadi lebih percaya bahwa Kepri sangat aman untuk berinvestasi. “Iklim investasi sangat kondusif,” ujarnya.

Para pelaku usaha, kata Ayung, tak lagi memikirkan soal keamanan dan hal-hal yang berkaitan dengan ketenagakerjaan. Sehingga para investor fokus dalam membangun ekonomi di Batam.

Selain itu, Ayung menyebut Sam sebagai mediator andal. Setiap ada konflik antar-lembaga atau masyarakat, Sam selalu menjadi penengah. “Mempertemukan yang berkonflik dan memecahkan permasalahan yang ada,” tuturnya.

Terkait dengan pergantian ini, Kepala Bidang Humas Polda Kepri Kombes Erlangga mengatakan tak hanya Kapolda dan Wakapolda yang alih tugas, tapi juga beberapa perwira menengah lainnya.

Di antaranya Kombes Helmy Santika yang menjabat Direktur Resnarkoba Polda Kepri dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Pideksus Bareskrim Polri. Posisinya digantikan oleh Kombes K. Yani Sudarto yang sebelumnya menjabat sebagai Pemeriksa Utama Puslabfor Bareskrim Polri.

Kombes Musa Ikipson Manaek Muara Tampubolon yang saat ini Direktur Intelkam Polda Kepri dimutasi sebagai Kabagsumda Rorenmin Baintelkam Polri. Posisinya digantikan oleh Kombes Bagus Giri Basuki yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit II Ditsosbud Baintelkam Baintelkam Polri.

Kombes Lutfi Martadian yang kini jadi Direktur Reskrimum Polda Kepri dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Pidum Bareskrim Polri. Ia digantikan oleh AKBP Arief Dwi Koeswandhono SIK yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirreskrimum Polda Jambi.

Kombes Bariza Sulfi yang menjabat Kepala Biro SDM Polda Kepri dimutasi sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Binkar SSDM Polri. Ia digantikan oleh Kombes Djoko Susilo yang sebelumnya menjabat sebagai Assessor Utama Bagkompeten Ro Binkar SSDM Polri.

AKBP Charles Panuju Sinaga, Kapolres Natuna, dimutasi sebagai Pamen Polda Kepri. Penggantinya AKBP Nugroho Dwi Karyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagbinopsnal Dit Lantas Polda Kepri.

AKBP Febrianto Guntur Sunoto, Kapolres Bintan, dimutasi sebagai Wadir Pamobvit Polda Riau. Ia digantikan oleh AKBP Boy Herlambang yang sebelumnya menjabat Kabagwassidik Ditreskrimum Polda Kalteng.

AKBP Feby Dapot Parlindungan Hutagalung, Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Kepri dimutasi sebagai Kapolres Lamongan Polda Jatim. (ska)

Update