Kamis, 25 April 2024

36 Anggota Panwascam Dilantik

Berita Terkait

Sebanyak 36 anggota panwascam resmi dilantik oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Karimun, Sabtu (18/11). F. Tri Haryono.

batampos.co.id – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Karimun Tiuridah Silitonga, Sabtu (18/11) melantik 36 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dari 12 kecamatan se kabupaten Karimun. Yang sekaligus dilakukan, bimbingan teknis (bimtek) bagi anggota Panwascam tugas dan fungsinya.

Agar, bisa melaksanakan pengawasan saat Pemilu serentak di tahun 2019 mendatang disetiap kecamatan bersama penyelenggaran Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU).
“Saya berpesan kepada seluruh anggota Panwascam agar menjaga integritas Panwas disaat menjalankan tugas. Terutama dalam kemampuan menolak politik uang, dari orang-orang yang ingin meraih suara dengan cara yang tidak benar,” jelas wanita yang sudah tiga kali menjadi Ketua Panwaslu kabupaten Karimun.

Sebab, Pemilu serentak nanti cukup tinggi gesekan politik mengingat pelakanaannya secara berbarengan yaitu pemilihan Presiden dan wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Sebagai salah satu penyelenggaran Pemilu, pihaknya harus benar-benar indevenden dalam pengawasan tahapan di lapangan.

“Intinya, kita ingin mensukseskan Pemilu serentak secara langsung, bebas dan rahasia. Serta, mendapatkan perlakuan yang adil dari penyelenggaran Pemilu menjadi harapan kita semua,” tuturnya.

Sedangkan Asisten Administrasi dan Umum Pemkab Karimun Hurnaini berharap, agar anggota Panwascam yang sudah dilantik supaya bisa benar-benar melaksanakan tugas dan fungsinya di setiap kecamatan. Terutama memberikan, pencerahan kepada masyarakat bagaimana proses Pemilu serentak berjalan lancar dan aman.

“Laksanakanlah tugas sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan, melakukan hal-hal yang merugikan masyarakat di setiap tahapan Pemilu yang sudah mulai sekarang ini,” pesannya. (tri)

Update